5 Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar, Simak Informasinya!

General

Binar Academy - Contoh surat resign yang baik dan benar akan membantu mempermudah dalam membuatnya. Banyak alasan yang mendorong seseorang untuk mengajukan pengunduran diri. 

Terkadang orang merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari meskipun telah bekerja di perusahaan terbaik. Hal inilah yang membuat kamu ingin mengajukan surat resign. Salah satu alasannya adalah ingin mendapatkan tantangan baru. 

Kamu harus memperhatikan banyak hal agar perusahaan dapat menerima alasan mengapa ingin berhenti kerja. Oleh karena itu, kamu dianjurkan keluar dengan cara yang baik. Simak penjelasan lengkapnya dalam pembahasan berikut. 

Cara Mengundurkan dari Pekerjaan dengan Baik

Apabila kamu ingin resign maka harus menyampaikan kepada atasan jauh hari sebelumnya. Hal ini dikarenakan ada etikanya, minimal 1 bulan sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan memiliki waktu untuk mencari penggantinya. 

Kamu dapat menyampaikan keinginan tersebut kepada atasan secara langsung. Tujuannya agar atasan merasa dihargai sehingga jangan sampai mengetahui rencana tersebut dari orang lain.

Tinggalkan kesan positif di hari-hari terakhir kamu bekerja. Selain itu, tetap menjaga hubungan baik di luar kantor. Bisa jadi di masa mendatang kamu bisa menjalin kerja sama dengan baik. 

Selanjutnya, kamu dapat belajar contoh surat resign yang baik dan benar agar atasan menerima keputusan kamu. Pada waktu-waktu terakhir, kamu tetap harus menunjukkan semangat bekerja dan berperilaku baik.

Semua itu dilakukan sebagai bentuk profesionalitas kerja. Lalu, jangan lupa untuk mengembalikan fasilitas yang telah diberikan kantor sehingga setelah resign tidak menimbulkan masalah baru.

Jangan lupa untuk berpamitan kepada atasan dan rekan kerja yang lain dengan sopan. Kamu bisa berpamitan kepada rekan kerja secara langsung atau melalui email jika sedang bertugas ke luar kota.

Luangkan waktu untuk bersalaman dengan rekan kerja. Sampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf, terutama kepada teman yang selama ini banyak membantu ketika bekerja.

5 Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar, Beserta Alasannya

contoh surat resign yang baik dan benar beserta alasannya
Sumber: APAC

Apabila kamu sudah mantap untuk mengundurkan diri dari perusahaan maka bersegeralah untuk membuat surat resign. Cara membuatnya bisa mengikuti beberapa contoh di bawah ini. 

Baca Juga: 15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

1. Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar serta Sopan

Jakarta, 31 Juli 2022

Kepada

Yth. Pimpinan PT Gemilang Sejahtera

Di tempat

Berikut ini yang bertanda tangan adalah:

Nama : Nina Suryani

Alamat: Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jabatan: Staf marketing

Melalui surat ini saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin. Alasannya karena akan pindah dan tinggal menetap di luar kota. 

Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja secara profesional bersama tim marketing. Saya juga minta maaf jika selama bekerja di sini banyak melakukan kesalahan. 

Demikian, surat resign ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya,

Nina Suryani

2. Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar Di Pabrik

Yogyakarta, 20 April 2022

Yth. Pimpinan PT Jaya Sentosa

Di Yogyakarta

Saya adalah Nurul Hidayati, salah satu karyawan di PT Jaya Sentosa. Jabatan di perusahaan ini adalah seabagi supervisor produksi. Melalui surat ini, saya ingin menginformasikan bahwa akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut. 

Alasan berhenti dari pekerjaan ini karena ingin melanjutkan studi S2 di Australia. Adapun tanggal 30 Mei 2022 merupakan hari terakhir saya bekerja di sini. 

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan selama 3 tahun ini menjabat sebagai supervisor produksi. Mohon maaf jika saya pernah menunjukkan performa kerja yang kurang maksimal.

Demikian, surat ini disampaikan tanpa ada paksaan dari siapa saja. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. 

Hormat saya,

Nurul Hidayati

3. Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar serta Sederhana

Semarang, 1 Juni 2022

Yth. HRD PT Surya Gempita 

Di tempat

Dengan hormat, 

Saya Sinta Apriliana, staf QC Di PT Surya Gempita ingin menyampaikan pengunduran diri dari posisi tersebut. Alasannya adalah karena akan menikah dan suami tidak mengizinkan untuk bekerja. 

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih selama ini telah diizinkan untuk bekerja sebagai QC. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak.

Demikian, surat pengunduran diri ini disampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya, 

Sinta Apriliana

4. Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar dari Perusahaan

Bandung, 1 Agustus 2022

Yth. Pimpinan PT Makmur Sejahtera 

Di tempat

Dengan Hormat, 

Saya adalah Nisa Safitri, salah satu karyawan tetap yang bekerja di PT Makmur Sejahtera. Saat ini masih menjabat sebagai seorang sekretaris direktur utama. 

Ingin menyampaikan pengunduran diri dari perusahaan ini karena akan membantu mengembangkan bisnis keluarga. Adapun kontrak kerja akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2022.

Terima kasih atas kesempatannya sehingga saya bisa nyaman bekerja di sini. Saya juga meminta maaf kepada seluruh staf jika pernah melakukan kesalahan. Semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin sukses.

Demikian yang dapat disampaikan, atas waktunya diucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

Nisa Safitri

5. Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar Di Bank 

Cikarang, 21 April 2022

Yth. Pimpinan KCP Bank Syariah Mandiri 

Di tempat

Di bawah ini yang bertanda tangan adalah:

Nama : Nita Septiani Saputri 

Tempat Tanggal Lahir: 23 Mei 1994

Jabatan : Teller

Bermaksud ingin mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan tersebut di Bank Syariah Mandiri. Alasannya adalah karena mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Saya juga ingin meminta maaf jika selama bekerja ada banyak kesalahan. Terima kasih atas kepercayaannya selama ini sehingga saya bisa menjalankan pekerjaan dengan baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih. 

Hormat saya, 

Nita Septiani

Kamu harus memperhatikan cara resign dengan baik. Beberapa contoh di atas dapat kamu jadikan sebagai referensi. Dengan adanya contoh surat resign yang baik dan benar tersebut mempermudah proses pembuatannya. 

Getting Job In Tech

Buat kamu yang ingin tahu seputar posisi pekerjaan yang ada di industri teknologi, skill apa aja yang diperlukan, hal apa aja yang perlu kamu persiapkan sebelum melamar kerja di sana, wajib banget tonton BinarGO! Getting Job In Tech.

Tidak seperti kursus lainnya, semua materi BinarGO! Getting Job In Tech dikemas semenarik mungkin untuk belajar, serasa nonton film.

CV & Portofoliomu Semakin Menarik dengan Bootcamp!

Siapkan dirimu sebagai jobseeker dengan softskill & hardskill di Bootcamp BINAR!

Temukan bidang yang cocok untuk kariermu dengan Potensi Quiz, yang akan merekomendasikan bidang sesuai kepribadianmu!

Cuma perlu 3 menit untuk cari tahu potensi terpendamu di sini

Baca Juga: 3 Cara Follow Up Lamaran Kerja yang Tepat beserta Tipsnya

Artikel Rekomendasi