General

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Bikin HRD Tertarik

Binar Academy
Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Bikin HRD Tertarik
Isi Halaman :

Binar Academy - Mau bikin CV tapi belum punya pengalaman kerja? Tenang, di sini ada contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman. Klik sekarang juga!

Setelah lulus kuliah atau sekolah, kamu tentu ingin melamar pekerjaan. Untuk hal ini, kamu wajib membuat CV. Tapi, bagaimana kalau belum punya pengalaman kerja sama sekali? Nggak perlu khawatir karena di sini kamu bisa melihat contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman.

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu pertimbangan utama bagi perusahaan untuk merekrut pekerja. Oleh karena itu, kamu harus membuatnya dengan baik. Dapatkan penjelasan lebih lengkap tentang CV untuk fresh graduate tanpa pengalaman berikut ini.

Cantumkan Ini di CV Kamu

hal yang perlu di cantumkan di dalam CV
Sumber: EF English Live

Sebelum masuk ke pembahasan tentang contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman, sebaiknya pahami hal-hal apa saja yang sebaiknya ada di dalam CV. Perhatikan penjelasan yang disampaikan di bawah ini.

1. Informasi Data Diri dan Kontak

Informasi data diri dan kontak sangat penting untuk dicantumkan. Jangan sampai bagian ini ketinggalan. Adapun yang perlu dicantumkan antara lain nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat. Sedangkan untuk kontak, kamu bisa mencantumkan nomor HP serta alamat email.

Selain informasi pokok tersebut, tidak ada salahnya untuk menambahkan media sosial seperti profil Linkedin. 

2. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga wajib dicantumkan pada CV. Sertakan nama perusahaan, posisi, periode bekerja, serta tugas yang kamu lakukan saat bekerja. Tapi fresh graduate pada umumnya belum pernah bekerja. Bagaimana, dong?

Tenang, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang yang pernah kamu lakukan semasa kuliah atau sekolah. Cantumkan detail pekerjaan yang sama seperti di atas.

Pengalaman magang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi HRD ketika melihat CV kamu. Apalagi kalau linier dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar saat ini. Itulah kenapa penting untuk ikut magang saat masih kuliah atau sekolah.

3. Pencapaian atau Prestasi

Kalau belum pernah punya pengalaman kerja atau magang, kamu bisa menggantinya dengan mencantumkan prestasi atau pencapaian. 

Contohnya antara lain memenangkan kejuaraan atau lomba, menempuh pendidikan double degree, student exchange, mendapatkan beasiswa prestasi, dan sebagainya. Informasi ini akan membuat CV kamu lebih menarik.

4. Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan adalah hal wajib saat kamu membuat CV. Tapi perlu diingat, jangan cantumkan seluruh riwayat pendidikan dari tingkat PAUD. Cantumkan saja satu atau dua tingkat pendidikan terakhir yang kamu tempuh. Misalnya SMA/K dan S1 atau SMA/K saja.

Dalam menulis riwayat pendidikan, jangan lupa untuk menyertakan nama lembaga, jurusan atau departemen, serta IPK atau nilai akhir. Cantumkan juga tahun lulusnya.

5. Sukarelawan atau Organisasi

Pernah ikut serta dalam sebuah organisasi atau menjadi sukarelawan? Tidak ada salahnya untuk mencantumkan pengalaman tersebut ke dalam CV. 

Untuk mencantumkannya, sertakan nama organisasi atau kegiatan yang kamu ikuti. Lanjutkan dengan menuliskan posisi serta tugas yang kamu emban di organisasi atau kegiatan tersebut.

Usahakan untuk mencantumkan pengalaman sukarelawan dan organisasi yang relevan dengan lowongan pekerjaan. Pasalnya, informasi ini hanya sebagai pendukung.

6. Keterampilan atau Keahlian

Hal berikutnya yang tidak kalah penting dan wajib masuk di CV adalah keahlian atau keterampilan. Hanya cantumkan keahlian serta keterampilan kamu yang sesuai dengan lowongan pekerjaan.

Kalau masih bingung mau mencantumkan apa, lihat saja bagian kualifikasi yang ada di lowongan pekerjaan. Cantumkan keahlian kamu yang dibutuhkan dalam kualifikasi tersebut.

Baca Juga: 15+ Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam CV. 

Contoh CV Fresh Graduate Lulusan S1

contoh cv fresh graduate lulus S1

Contoh CV Fresh Graduate Lulusan SMK

contoh cv freshgraduate lulus SMK

Contoh CV Fresh Graduate Lulusan SMA

contoh cv fresh graduate lulusan SMA

Di atas sudah dijelaskan tentang cara pembuatan CV dan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi kalau mau bikin CV untuk melamar kerja. 

Baca Juga: 20 Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview, Ini Penjelasannya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya