Cerita Alumni

Resign Setelah 5 Tahun di Marketing Pindah Jadi Backend Engineer, Cerita Alumni BINAR Ari Johand

Binar Academy
Resign Setelah 5 Tahun di Marketing Pindah Jadi Backend Engineer, Cerita Alumni BINAR Ari Johand
Isi Halaman :

Bosan bisa menjadi salah satu alasan kenapa orang berani pindah karir bahkan setelah beberapa tahun menekuni bidangnya.

Hal ini dirasakan oleh salah satu alumni BINAR bootcamp, Ari Johand yang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya sebagai tim marketing di sebuah bank swasta di Indonesia.

Setelah 5 tahun berkarir, Ari melihat potensi karir yang lebih besar di dunia IT. Sehingga ia berani mempertaruhkan karirnya untuk career shift melalui bootcamp.

Tapi tidak seperti career shifter pada umumnya yang mengikuti bootcamp sambil tetap bekerja di bidangnya sekarang, Ari justru resign sebelum ikut bootcamp karena ingin benar-benar fokus belajar.

Simak bagaimana perjalanan Ari di BINAR Bootcamp hingga akhirnya berhasil berkarir di bidang yang ia inginkan.

Alasan Pindah jadi Backend Engineer

Setiap pekerjaan pasti punya tantangan dan bebannya masing-masing. Begitu juga menjadi tim marketing di sebuah perusahaan perbankan yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih, bahkan di luar jam kerja sekalipun untuk melayani klien.

Tentunya proses yang dijalani selama 5 tahun ini membuahkan refleksi, untuk menetap atau mencari peluang baru. Munculah keinginan dari Ari untuk meriset pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan.

Ia menemukan pilihan full stack web developer, front end engineer, backend engineer sebagai jawabannya. 

Setelah mencoba mempelajari dasar pemrograman, ia memutuskan untuk menekuni backend engineering karena menurutnya lebih mudah dibanding full stack dan tidak membutuhkan kreativitas seperti front end.

Ari juga mencari banyak informasi di komunitas online untuk menemukan tempat bootcamp yang cocok sebagai pemula. 

Sampai akhirnya Ari menjatuhkan pilihan di BINAR karena menurut banyak orang, BINAR ramah pemula dan mengajarkan banyak skill teknis dan juga soft skill.

Sehingga Ari memutuskan untuk resign dan meninggalkan pekerjaannya yang sudah ditekuni selama 5 tahun, demi serius belajar di BINAR Bootcamp Backend Engineering. 

Proses Belajar di BINAR

Tanpa background kuliah IT (Ari berkuliah di jurusan Media & Broadcasting) dan pengalaman ngoding sebelumnya, Ari menjalani proses bootcamp selama 2 bulan.

Di BINAR Ari merasakan proses belajar yang menyenangkan, karena fasilitator yang mengajar di kelasnya sangat membantu perkembangan belajarnya.

Selain itu kurikulum yang didesain BINAR memang bisa diikuti oleh Ari yang masih awam sekalipun, sampai ia bisa menjalankan project akhir dengan nilai yang memuaskan.

Sempat ingin menyerah ketika belajar Javascript, saking kompleks dan banyaknya komponen yang perlu diulik. Tapi setelah memahami flow dan metode codingan yang tepat, ia merasa tantangan apapun ketika ngoding selalu bisa ketemu solusinya.

Ari juga merasa lebih enjoy dan merasa backend engineer adalah pilihan yang tepat karena mengasah logika, manajemen database, dan juga selalu menghadapi tantangan baru di setiap project.

Dapat Kerja Sebelum Graduation dari BINAR

Proses Ari menjadi career shifter melalui bootcamp BINAR membuahkan hasil bahkan sebelum lulus dari BINAR. Ari mendapat tawaran pekerjaan berbekal dari portofolio tugas akhir dan challenge-challenge yang ia kerjakan di BINAR.

Selang 2 minggu pasca lulus, Ari resmi menjadi Back End Engineer di sebuah perusahaan software house. 

Secara tidak langsung, BINAR memberikan stepping stone yang kuat bagi perjalanan karir Ari hingga karirnya saat ini. Terbukti dari beberapa materi di BINAR yang masih sesekali ia pakai untuk implementasi di pekerjaannya.

Kini Ari bekerja di perusahaan edtech asal Perancis sebagai backend engineer. Menjalani karir baru yang lebih sesuai dengan passion, prospek di masa depan, dan skema kerja yang lebih enjoyable. 

Career Shift jadi Backend Engineer di BINAR Bootcamp

Ari adalah bukti buat siapapun yang berkeinginan tinggi untuk memulai karir di bidang IT akan mencapai apa yang ia inginkan.

Kamu juga bisa memulai karir di industri digital dengan BINAR Bootcamp lewat berbagai bootcamp skill digital yang sesuai dengan minatmu.

Terlebih untuk kamu yang tertarik dengan logic, management database, dan juga programming; kamu bisa mengasah kemampuan di BINAR Bootcamp Back End Engineering.

Dapatkan materi bootcamp backend engineer gratis di aplikasi BINAR, download aplikasi BINAR sekarang!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya