Cerita Alumni

Student Ranking Terbawah yang Dapat Kerja Pertama di Kelasnya, Cerita Alumni BINAR Angel Ria

Binar Academy
Student Ranking Terbawah yang Dapat Kerja Pertama di Kelasnya, Cerita Alumni BINAR Angel Ria
Isi Halaman :

Ini cerita dari alumni BINAR yang sangat transformatif.

Angel Ria adalah lulusan Sistem Informatika di kampus yang tidak banyak orang tau. Merasa peluangnya kecil untuk bisa berkarir di perusahaan ternama ia justru terdorong untuk berusaha 2x lebih keras (dan lebih cerdas) dari banyak orang.

Oleh kakak tingkatnya, Angel diberi tahu tentang sosok Alamanda Shantika, Founder & CEO BINAR yang merupakan eks-VP of Product di GOJEK. 

Ia terinspirasi dengan Alamanda Shantika karena sisi humanis nya dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu manusia. Sehingga Angel pun jadi tertarik untuk belajar di BINAR Bootcamp.

Memilih Back End Engineering Karena Berpotensi Jadi “Aset Perusahaan”

Angel memilih Bootcamp Back End Engineering karena menurutnya tidak semua programmer punya perspektif bisnis yang bisa memberikan peningkatan revenue melalui sistem database yang dikerjakan oleh Back End Engineer.

Menurut Angel, semua programmer wajib memiliki skill yang “stand out” khususnya berhubungan dengan bisnis. 

Karena sebagai engineer kita dibayar untuk bisa memberikan dampak keuntungan bagi bisnis, tidak hanya “jago ngoding.” Sehingga kita bisa dipandang sebagai aset perusahaan.

Proses Belajar di BINAR

Banyak hal yang didapatkan di BINAR bagi perkembangan skill Angel selama belajar. Hal ini didapat karena menurutnya fasil BINAR yang informatif, berpengalaman, dan bisa mengajar secara ringkas tapi tetap “daging”

Meski demikian proses belajar Angel di BINAR tidaklah mulus. Ia sempat merasa putus asa karena pernah menjadi student dengan ranking terbawah di kelasnya.

Angel merasa tidak cukup handal dan mampu untuk menjadi sosok engineer yang ia inginkan. Hal yang membuatnya bangkit adalah suport dari tim akademik BINAR yang setia mendengarkan keluh kesah dan menyemangati Angel dengan afirmasi positif.

Berbekal tekad dan rasa ingin tahunya yang tinggi, Angel terus mengasah kemampuannya dengan berbagai challenge dan materi yang didapatkan di kelas.

Menurut Angel, kurikulum yang didesain oleh BINAR mempermudah proses belajarnya dan sesuai dengan kebutuhan industri. 

Salah satu materi di BINAR yang tidak didapatkan di course lain adalah How To Become an Engineer. Disini diajarkan mindset bagaimana caranya belajar dan menjadi seorang engineer yang harus terus belajar dan mengasah diri dengan berbagai pengetahuan. Hal ini menjadi fundamental dan bekal penting bagi karirnya

BINAR jadi Batu Loncatan Angel Ria yang Paling Utama

Selepas menyelesaikan bootcamp, Angel dan semua teman-teman sekelasnya dibantu oleh tim BINAR melalui kerjasama Glints Academy X BINAR pada tahun 2019 untuk ditempatkan di startup asal Singapore.

Namun dari sekian banyak students yang ditempatkan, Angel adalah salah satu dari 2 students pertama yang berhasil mendapat pekerjaan dari placement job di batch 4. Disana Angel menjadi Laravel Developer selama kurang lebih satu tahun.

Hal ini lah yang membuat Angel merasa BINAR menjadi stepping stone yang utama dan paling berpengaruh untuk keberlangsungan karirnya.

Beberapa bulan kemudian, Angel diaproach oleh Ex-Head Digital Departement AIA Singapore untuk bergabung ke AIA Singapore. Singkat cerita Angel melanjutkan karirnya di AIA Singapore selama satu tahun.

2 tahun sejak pekerjaan pertamanya dari kerjasama BINAR, Angel berpindah ke perusahaan asal Australia dan bekerja remote sebagai Junior Backend Engineer hingga hari ini.

Sampai hari ini, Angel masih aktif berinteraksi dengan teman-temannya di kelas Back End Engineer dan juga dengan fasilitatornya yang mengajar di kelasnya dulu.

Mulai Karir jadi Backend Engineer seperti Angel Ria

Angel berpesan untuk teman-teman yang tertarik untuk switch career atau menekuni karir sebagai programer khususnya backend engineer, harus bisa menjawab 2 pertanyaan ini:

  1. Apa itu Backend Engineer, tugasnya, dan dampaknya untuk perusahaan
  2. Apa yang sebenarnya “aku” mau untuk menjadi seorang backend engineer, jangan sampai hanya karena gajinya terlihat besar

Untuk Binarian yang sudah memiliki keinginan kuat menjadi seorang backend engineer, dan mau mempelajari lebih lanjut sampai menjadi BE engineer yang handal, yuk daftar di BINAR Bootcamp Backend Engineer!

Kamu juga bisa dapatkan materi gratis Bootcamp Backend Engineering lewat aplikasi BINAR, download aplikasi BINAR sekarang!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya