General

Cara Cek Prakerja, Segera Dapatkan Pengumuman Terbarunya

Binar Academy
Cara Cek Prakerja, Segera Dapatkan Pengumuman Terbarunya
Isi Halaman :

Binar Academy - Dalam melakukan cek prakerja sendiri, telah dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di usia produktif Indonesia. Tentu saja, untuk jenis bantuan diberikan oleh pemerintah tersebut memberikan banyak dampak.

Perubahan terjadi di dalam berbagai aspek kehidupan salah satu adalah potensi mendapatkan pekerjaan idaman. Untuk pengumuman sendiri dilakukan melalui akun Instagram resmi pihak terkait yaitu @prakerja.go.id.

Siapa saja dapat mengakses akun tersebut, ketika ingin melakukan langkah pengecekan terhadap langkah pendaftaran dilakukan. Ketika Kamu diterima sudah tercantum di dalam postingan diberikan dalam cek prakerja ini.

Selain itu, peserta yang mendapatkan pemberitahuan juga melalui SMS sehingga tidak perlu merasa khawatir. Bukan hanya itu saja, ada pilihan lainnya bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap akun dashbor prakerja.go.id.

Pengecekan berkala tersebut, akan memberikan hasil berupa pemberitahuan secara akurat. Sehingga siapa saja bisa dengan mudah mendapatkan informasi dibutuhkan dalam seleksi untuk kartu dijadikan program oleh Indonesia.

Jika sudah terbukti saat cek prakerja Kamu lolos tahap pendaftaran, maka bisa langsung mengambil langkah pelatihan kerja. Melakukan pelatihan secara langsung pada dunia pekerjaan, akan memberikan hasil terbaik nantinya.

Bukan hanya itu saja, ada banyak hal menarik bisa didapatkan ketika sudah melakukan latihan secara sungguh – sungguh. Hal tersebut, dapat dijadikan sebagai salah satu bekal terbaik agar dimanfaatkan saat bekerja.

Melakukan pekerjaan tanpa mengalami masalah, serta sudah familiar terhadap hal akan dilakukan. Bisa membuat Kamu merasa lebih senang tanpa mengalami hambatan maupun permasalahan lagi di masa mendatang.

Langkah dari melakukan proses pengecekan sendiri sangat penting serta tidak boleh ditinggalkan oleh setiap peserta. Karena, Kamu akan dimudahkan dalam proses pendaftaran hingga nantinya mendapatkan posisi diinginkan.

Ini Langkah untuk Cek Prakerja 

langkah untuk cek prakerja
Sumber : Prakerja.go.id

Jika kamu masih merasa bingung dengan cara melakukan pengecekan pengumuman resmi yang diberikan. Maka dapat menggunakan langkah akan dijelaskan berikut ini, agar bisa melakukan tahapan pengecekan tanpa mengalami permasalahan:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan login pada situs prakerja.go.id akun cek prakerja. Nah, nantinya akan dilakukan juga pengisian mengenai tanggal dari gelombang kamu ikuti pada akun.
  2. Ketika sudah masuk di dalam akun dan melakukan pengecekan, dengan klik cek dashboard Kamu. Nantinya aka nada pengumuman ataupun jika masih belum akan kosong notifikasi mengenai penerimaan kartu didaftarkan.
  3. Jika sudah resmi terdaftar, maka akan ada informasi mengenai nomor kartu diberikan oleh penyelenggara. Selain itu, ada juga informasi mengenai jumlah saldo dimiliki pada dashboard akun, nantinya bisa dimanfaatkan.
  4. Ketika masih belum berhasil lolos melakukan pendaftaran saat cek prakerja maka akan ada tulisan tersendiri. Pesan muncul adalah “Kamu Belum Berhasil” sehingga bisa dilakukan tahapan lainnya di waktu mendatang.
  5. Ketika mendapatkan SMS pemberitahuan jika Kamu lolos seleksi, maka buka pesan telah dikirimkan. Nantinya ada nomor sudah terdaftar untuk digunakan dalam melakukan proses selanjutnya dari peningkatan kemampuan diri.
  6. Pastikan jika nomor handphone didaftarkan oleh diri Kamu tersebut selalu aktif. Sehingga, ketika mendapatkan berita juga lebih mudah cek prakerja tanpa perlu merasa kesulitan lagi nantinya.
  7. SMS dikirimkan, biasa berisi ucapan selamat ketika telah diterima pada program diadakan oleh pemerintah. Kamu dapat melakukan pemilihan kegiatan apa saja akan diikuti agar menambah kemampuan diri secara maksimal.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Selama Pandemi

Waktu Untuk Mendapatkan Insentif dari Prakerja

waktu untuk mendapatkan insentif prakerja
Sumber : Prakerja.go.id

Ketika sudah melakukan pendaftaran resmi tersebut, serta diterima pada program diinginkan. Maka kamu juga bisa memanfaatkan waktu sembari menunggu insentif diberikan kepada peserta agar tetap bermanfaat nantinya.

Tentu saja, mengenal terlebih dahulu mengenai mitra pekerjaan akan digunakan dalam pelatihan juga penting. Karena setelah cek prakerja tersebut, kamu akan memiliki cukup waktu luang bisa digunakan.

Lakukan juga perbandingan harga ditawarkan serta rating dimiliki pada setiap kelas ditawarkan. Sehingga, pemanfaatan insentif nantinya diberikan juga dapat dimanfaatkan secara lebih maksimal oleh pendaftar sendiri.

Membaca deskripsi diberikan pada setiap masing – masing kelas secara jeli, memberikan informasi lengkap. Kamu sudah tidak perlu lagi merasa kebingungan karena telah mendapatkan info dibutuhkan secara lengkap.

Dengan total dana diberikan ketika menjalankan pelatihan sebanyak Rp 1.000.000 bagi peserta. Kemudian ketika sudah melakukan cek prakerja serta lolos, maka juga mendapatkan insentif sebanyak Rp 2.400.000 setiap orang.

Kamu akan mendapatkan insentif tersebut dalam kurun waktu 4 bulan lamanya. Setiap bulan akan dikirimkan sebesar Rp 600.000 agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk penerima batuan serta pelatihan ini.

Kemudian, diberikan juga insentif dalam melakukan pengisian survei bagi tiap orang. Dengan mengisi survei evaluasi sebanyak 3 kali, maka mendapatkan imbalan Rp 150.000 dibayarkan kepada tiap orang.

Hindari Hal Ini! Jika Tidak Ingin Pendaftaran Prakerja Ditolak

hal yang harus dihindari agar pendaftaran prakerja tidak ditolak
Sumber : Kominfo

Ada beberapa hal harus dipahami terlebih dahulu ketika ingin lolos dalam tahap pendaftaran kartu prakerja. Kamu haris memahami dengan baik terlebih dahulu semua persyaratan diberikan sebelum mulai mendaftar nantinya.

Ketika telah melengkapi semua dibutuhkan, maka bisa melakukan proses daftar sesuai diarahkan oleh pihak penyelenggara. Ketika NIK kamu sudah terdaftar dalam penerima bantuan lainnya diberikan oleh pemerintah maka otomatis tertolak.

Maka dari itu, akan lebih baik melakukan pengecekan terhadap status dimiliki terlebih dahulu. Salah satunya adalah NIK sudah terdaftar dalam kemendikbud juga tidak boleh digunakan serta secara otomatis tertolak.

Kasus lainnya biasa terjadi adalah dengan nomor NIK di KTP kamu sudah tidak valid. Nah, hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab banyak terjadi, sehingga harus melakukan pengurusan terlebih dahulu.

Melakukan penyesuaian data dengan pihak dari dinas kependudukan dan catatan sipil terdekat. Akan membantu permasalahan cek prakerja gagal diterima, sehingga dapat melakukan pendaftaran lagi di periode selanjutnya.

Baca Juga : Mengenali Etos Kerja dan Kiat untuk Meningkatkannya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya