Business Intelligence

8 Business Intelligence Tools Paling Banyak Digunakan

Binar Academy
8 Business Intelligence Tools Paling Banyak Digunakan
Isi Halaman :

Binar Academy - Untuk menjalankan bisnis terutama pada perusahaan, perlu melakukan monitoring secara akurat terkait dengan performa bisnisnya menggunakan business intelligence tools. Untuk itu biasanya perusahaan akan membutuhkan seorang business intelligence.

Business Intelligence atau disingkat BI ini merupakan istilah yang mengacu pada sebuah profesi dan aktivitas yang ada pada perusahaan dengan tanggung jawab menemukan metode analisis informasi yang tepat terkait dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Jadi seorang business intelligence ini sangat mengandalkan terhadap data yang ada. Dari penganalisisan data tersebut nantinya seorang BI akan menemukan sebuah peluang dan terobosan baru untuk bisa lebih mengembangkan bisnisnya

Peran Business Intelligence Dalam Sebuah Perusahaan

peran business intelligence dalam perusahaan
Sumber : Chartio

Peran dari BI di perusahaan bisa dibilang sangat penting, berikut ini fungsi lainnya dari seorang BI di perusahaan yang perlu kamu ketahui:

1. Mengetahui Performa dan Pencapaian Pada Periode Tertentu.

Perusahaan tentu saja harus mengetahui mengenai pencapaian yang sudah diraih dan belum diraih dalam bisnisnya dan juga mengetahui bagaimana performanya dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, BI akan membantu dalam menganalisisnya biasanya akan menggunakan business intelligence tools dalam membantunya bekerja.

2. Mengidentifikasi Masalah Sejak Dini

BI juga mampu untuk melakukan identifikasi masalah sejak awal sebelum masalahnya menjadi sangat besar. Karena masalah yang ditangani masih ditahap awal dan cenderung kecil tentu saja masalahnya akan dengan mudah diselesaikan. Dengan bantuan business intelligence dengan profesinya tersebut maslah yang dialami oleh perusahaan dapat menangani masalahnya tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Business Intelligence, Peran, dan Skill yang Dibutuhkan

Fungsi dari Analytics Tools yang digunakan oleh seorang BI (business Intelligence)

Seperti yang sudah dijelaskan business intelligence ini merupakan sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab dalam perusahaannya untuk mengetahui informasi mengenai performa dan hasil kerja sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Tidak menggunakan cara manual untuk melakukannya karena saat ini sudah ada alat yang akan membantu dalam pekerjaan menjadi BI. Setiap tools yang digunakan bisa dengan mudah dipakai dan di akses baik secara offline atau yang memakai internet.

Tools ini berfungsi hanya untuk membantu kamu dalam mengerjakan sebuah tugas dari BI. Selebihnya tetap saja kamu harus bisa menguasai beberapa skill yang wajib dimiliki oleh BI selain menggunakan business intelligence tools.

1. Microsoft Excel

fungsi analytics tools microsoft excel bagi seorang BI
Sumber : Zapier

Skill pertama yang perlu dikuasai adalah Microsoft excel, karena aplikasi ini berguna untuk membantu seseorang dalam mengelola data perusahaan. Tidak hanya itu jika kamu sudah menguasai alat bisnis intelijen, kamu akan tahu bagaimana caranya excel menyajikan dan melakukan visualisasi terhadap data dengan sangat mudah.

Menguasai microsoft excel merupakan hal paling dasar yang wajib diketahui oleh seorang BI dalam sebuah perusahaan. Jika sudah menguasai Excel maka ketika akan mepelajari business intelligence tools lainnya akan lebih mudah

2. SQL

Fungsi analytics tools SQL
Sumber : CockroachLabs

Skill selanjutnya yang perlu diperhatikan saat menjadi BI adalah SQL (structured Query Language). SQL ini biasanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar menggunakan SQL. 

Dengan ini kamu masih bisa mengedit, membaca dan menghapusnya bahkan memanipulasi data yang ada. Manipulasi data tersebut disebut juga sebagai CRUD.

8 Rekomendasi Business Intelligence Tools yang harus dikuasai

Sedang mencari tools apa saja yang cocok digunakan dalam kegiatan analisis data perusahaan. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa tools BI dibawah ini yang bisa digunakan untuk membantu kamu dalam mengelola dan menganalisis data perusahaan.

1. Sisense

sisense business intelligence tools
Sumber : Nefeshb'Nefesh

Sisense merupakan alat yang bisa digunakan untuk menganalisis data dalam bisnis. Sisense sangat user friendly dan dapat digunakan dengan mudah sehingga membuat siapa saja bisa menggunakannya.

Walaupun bisa digunakan dengan mudah Sisense bisa membantu kamu dalam mengelola data-data besar dan kompleks serta membantu kamu dalam memvisualisasi datanya tanpa harus mempekerjakan departemen IT yang biasanya akan membantu dalam memvisualisi datanya.

Sisense disebut sebagai salah sati platform terbaik dan diakui sebagai business intelligence tools untuk menganalisis yang dipilih oleh para pakar dari Gartner, G2, dan dresner.

2. Looker

looker business intelligence tools
Sumber : SingleStore

Looker salah satu alat yang tidak boleh dilewatkan karena Looker sudah menjadi salah satu bagian dari google cloud. Looker merupakan alat yang bisa digunakan oleh BI yang cukup unik karena telah terintegrasi dengan database SQL.

Dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan dan bisnis yang dijalankannya dari mulai perusahaan startup, bisnis menengah sampai dengan kelas atas.

Manfaat lain dari business intelligence tools ini memiliki manfaat lain dari mulai membantu visualisasi data dengan praktis, dan memiliki fitur yang lengkapi.

3. Tableau

tableau business intelligence tools
Sumber : Logos-World

Alat ini bisa digunakan untuk penemuan data dan memvisualisasinya dengan mudah, software ini bisa digunakan dalam analisis bisnis intelegensi dan juga memvisualisasikan serta membagikannya ke pihak-pihak terkait dengan mudah.

Tidak perlu lagi membutuhkan bantuan dari departemen IT untuk membantu dalam visualisasi data yang sudah didapatkan agar bisa lebih mudah dibaca oleh pihak-pihak terkait.

4. Datapine

datapine business intelligence tools
Sumber : SoftwareSuggest

Datapine salah satu alat yang paling aktif dalam memberikan fasilitas orang-orang untuk menganalisis data yang sudah didapatkan. Ini bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dibuat untuk perusahaan.

5. MicroStrategy

microstrategy business tools intelligence
Sumber : MicroStrategy

Mencari tools yang memiliki dasbor dan menganalisis data yang kuat dan berkecepatan tinggi kamu bisa menggunakan microstrategy. Selain itu Microstrategi ini sudah terhubung dengan google cloud.

6. SAP Business Object

SAP Business Object business intelligence tools
Sumber : Geocortex

Sama seperti tools lainnya SAP membantu kamu dalam menganalisis, membuat laporan hingga data statistik dan visualisasi dapat dilakukan menggunakan satu platform saja .

Fokus dari SAP ini adalah pengalaman pengguna atau User Experience serta rantai pasukan digital dan masih banyak lagi. kelebihan lain dari SAP adalah role based dashboard yang memungkinkan penggunanya bisa membangun dasbornya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

7. SAS Business Intelligence

SAS business intelligence tools
Sumber : SAS

Yang paling populer dari SAS ini adalah penawarannya untuk menyediakan platform analitik prediktif yang sangat canggih. Selain itu SAS juga menyediakan business intelligence tools yang sangat baik dan hebat.

8. Yellowfin

yellowfin business intelligence tools
Sumber : Yellowfinbi

Pernahkah kamu mendengar tentang salah satu alat ini, yellowfit ini digunakan sebagai business tools dan mengombinasikan antara analisis data dan upaya memvisualisasinya karena Yellowfin mempunyai formatnya tersendiri.

Peran seorang business intelligence sangat penting dalam sebuah perusahaan terutama dalam membantu mengembangkan bisnis dengan baik di waktu yang tepat. Oleh karena itu untuk menjadi seorang BI kamu harus tahu juga untuk mengetahui business intelligence tools dan mengetahuinya.

Baca Juga : Perbedaan Data Science dan Business Intelligence

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya