9 Situs Belajar Coding Online Gratis Terbaik untuk Pemula

Web Development

Binar Academy — Pernahkah kamu bertanya

"Sebenarnya perlu nggak sih belajar coding?"

Hal ini mungkin pernah terlintas di kepalamu melihat banyaknya lowongan pekerjaan yang salah satu syaratnya mengharuskan calon pekerja memiliki keahlian IT.  

Saat ini jurusan IT menjadi jurusan yang banyak dipilih oleh mahasiswa dengan harapan ketika lulus mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, bagaimana dengan mahasiswa yang tidak mempunyai latar belakang IT? Apakah mereka masih bisa mempelajari coding dan bahasa pemrograman? Jawabannya: tentu saja bisa!

Saat ini sudah banyak situs yang mendukung untuk belajar coding online secara gratis yang bisa kamu dapatkan tanpa harus melalui perkuliahan jurusan IT.

Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding

Sebagian orang masih menggap coding menjadi keterampilan yang cukup sulit untuk dipelajari. Karena untuk bisa memahami keterampilan yang satu ini dibutuhkan kesabaran, ketekunan serta konsentrasi yang tinggi.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan usaha untuk memulai belajar coding secara online dan gratis. Berikut beberapa alasan mengapa belajar coding menjadi sangat penting.

1. Peluang kerja lebih luas

Saat ini tenaga IT seperti programmer menjadi komponen penting dari suatu perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini ditandai dengan perubahan aktivitas jual beli yang sebelumnya dilakukan secara konvensional sekarang sudah mulai beralih ke berbagai platform digital.

Oleh karena itu, seorang programmer sangatlah dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi atau software untuk mengatur data penjualan. Dengan memiliki kemampuan programming yang baik menjadi kelebihan yang sangat dicari oleh banyak perusahaan.

2. Mengasah kemampuan penyelesaian masalah

Coding adalah salah satu permainan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Seorang programmer diharuskan untuk mempunyai pemahaman dan analisa yang baik terhadap penyelesaian suatu masalah. Belajar kursus coding secara online, akan mengasah logika kamu dalam penyelesaian masalah.

3. Mempercepat jenjang karir

Mendapatkan jenjang karir yang baik dengan pendapatan lebih besar tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Hal ini dapat terwujud apabila kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih tentang coding. Misalnya, jika kamu masuk sebagai karyawan biasa di suatu perusahaan, namun secara bersamaan perusahaan kamu sedang membutuhkan seorang programmer untuk membuat aplikasi. Nah, kamu pun dapat mengambil kesempatan ini untuk menaikan jenjang karir kamu untuk menjadi seorang programmer di perusahaan tersebut.

4. Menghasilkan lebih banyak uang

Kesuksesan secara finansial memang menjadi salah satu tujuan setiap orang atas keterampilan yang dimilikinya. Dengan belajar coding, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan di sela pekerjaan utama. Dengan begitu potensi pendapatan kamu akan lebih baik dan lebih tinggi.

Rekomendasi Situs Belajar Coding Online Gratis untuk Pemula

Untuk mulai mempelajari coding maupun bahasa pemrograman secara online, temukan 9 rekomendasi situs belajar coding online di bawah ini.

1. Codecademy

belajar html secara gratis di situs belajar codeacademy
Source: Codecademy

Tak lengkap rasanya jika belajar coding tanpa menggunakan situs kursus online Codecademy. Selain gratis, disini kamu akan belajar coding bersama lebih dari 24 juta orang yang ada di Indonesia. Tersedia berbagai bahasa pemrograman yang akan dipelajari seperti Javascript, HTML, CSS, PHP dan masih banyak lagi.

2. Coursera

kelas programming gratis dari coursera
Source: Cousera

Coursera adalah situs online gratis yang menawarkan berbagai kelas pemrograman yang setara dengan kurikulum perkuliahan. kamu dapat mengambil beberapa kelas dengan jadwal dan waktu fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kesibukan kamu. Jika berhasil menyelesaikan kursus ini kamu akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu telah menguasai bahasa pemrograman.

3. Udemy

Belajar programming secara gratis lewat Udemy
Source: Udemy

Apakah kamu pernah mengikuti kursus coding dan ingin memperdalam lagi pengetahuan tentang coding? Nah, Udemy dapat menjadi solusinya. Meskipun kursus online ini berbayar, namun situs ini dirancang khusus untuk para profesional yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Namun jangan khawatir, karena mereka juga menyediakan beberapa kelas gratis dengan kelengkapan tutorial untuk mempermudah pembelajaran kamu.

4. Khan Academy

latihan coding dari Khan academy
Source: Khan Academy

Berbeda dari situs lainnya, Khan Academy lebih berfokus pada pembelajaran matematika, teknologi dan ilmu komputer. Meskipun dapat diakses secara gratis, pembelajarannya terbilang cukup lengkap dalam bentuk video tutorial. Hal tersebut sudah terbukti sangat efektif terutama bagi jutaan pengguna situs Khan Academy.

5. MIT OpenCourseWare

Meskipun MIT dikenal sebagai tempat belajar para orang-orang jenius, namun sebenarnya kursus online gratis ini juga cocok untuk pemula loh. Seperti halnya dengan Coursera, di kursus coding online gratis ini kamu dapat mengambil beberapa macam pelajaran sekaligus. Namun karena MIT adalah situs untuk kursus coding, maka pembelajaran yang akan didapat juga lebih berfokus pada Coding itu sendiri. Bahkan para pengguna MIT OpenCourseWare biasanya akan mendapatkan tugas untuk membantunya lebih memahami pelajaran yang diberikan.

6. Github

Github sebagai jaringan sosial untuk para developer
Source: GitHub

Bisa dikatakan bahwa situs ini adalah buku referensi untuk para coder karena mampu menjawab hampir seluruh keingintahuan kamu. Kamu bisa berdiskusi tentang hasil coding yang didapatkan bersama dengan pengguna Github lainnya. Banyak industri kreatif memanfaatkan Github untuk mencari programmer yang handal. Sehingga jika kamu adalah salah satu programmer professional, buatlah akun Github mulai dari sekarang.

7. edX

edX merupakan salah satu situs kursus online yang dikembangkan pada tahun 2012 oleh Universitas Harvard dan MIT. Hingga saat ini, edX mampu menaungi lebih dari 60 sekolah dengan latar belakang yang sama. Bagi kamu yang ingin merasakan belajar coding dengan sensasi tradisional, maka edX adalah pilihan yang tepat.

8. Free Code Camp

Latihan soal CSS dari free code camp
Source: Free Code Camp

Free Code Camp merupakan situs yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki waktu bermain sekaligus bermanfaat. Situs ini terdiri dari banyak komunitas programmer professional dan pelajar yang bekerja sama untuk saling mengasah kemampuan pengembangan aplikasi secara gratis.

9. Code Avengers

Belajar front-end devlopment dengan Code Avengers secara gratis
Source: Code Avengers

Perusahaan kursus online asal New Zealand ini mengajarkan penganutnya untuk belajar coding dengan metode permainan. Code Avengers juga tersedia permainan website dari berbagai bahasa, disini kamu akan belajar tentang bahasa pemrograman dengan cara yang interaktif.

Itu dia beberapa pilihan situs yang memungkinkan kamu untuk belajar coding online gratis.

Belajar Coding Online di Binar Academy

belajar-coding-online-di-binaracademy

Selain pilihan di atas, apabila kamu menginginkan pembelajaran yang lebih intensif dan terukur silabusnya, Binar Academy juga menyediakan bootcamp terkait coding, yang di antaranya terdiri dari bootcamp Full-Stack Web Development dan bootcamp Android Engineering. Kedua pilihan bootcamp tersebut dapat kamu akses secara gratis terlebih dahulu dengan cara mengunduh aplikasi Binar Academy yang tersedia di App Store dan PlayStore.

Yuk belajar coding online bareng Binar Academy!

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman Dasar Terpopuler, Kamu Wajib Tahu!

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.