Apa itu Javascript? Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Mobile Development

Binar Academy — Sebagai seorang Web Developer, atau kamu yang baru belajar programming javascript, harus kenalan dan temenan sama yang namanya Javascript. Apa itu Javascript? Ayo, kenalan dulu sama bahasa pemrograman yang satu ini yuk dan mulai perjalanan anda belajar programming javascript ! ~

Apa Itu Javascript?

Gampangnya, Javascript adalah bahasa pemrograman yang bisa membuat internet bekerja. Lebih lengkapnya, Javascript adalah bahasa pemrograman yang ringan, bersifat dinamis, dan dapat diarahkan untuk oriented programming maupun functional programming.

apa-itu-javascript-2

Javascript biasanya digunakan untuk melakukan perubahan tampilan website, seperti ketika mengklik tombol, menentukan layout, ngasih efek dinamik atau animasi yang lucu-lucu dan menarik. Bagi mereka yang sudah ahli, penggunaan Javascript bisa dimanfaatkan buat bikin game yang advanced plus animasi 2D dan 3D, juga aplikasi yang berhubungan dengan database, lho~
Javascript dikenal sebagai bahasa pemrograman yang cukup kompleks, namun juga sangat fleksibel. Banyak programmer yang sudah menyediakan tools yang berdiri di atas core Javascript yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa pemrograman, beberapa diantaranya:

  • Application Programming Interfaces (APIs) dibangun pada web browser agar kamu bisa melakukan apapun dari dinamik dokumen HTML dan set CSS yang sudah kamu buat.
  • API pihak ketiga menyediakan akses bagi programmer untuk menghubungkan aplikasi mereka pada website atau aplikasi lain, contohnya seperti Facebook dan Twitter. Kamu pernah nggak login Soundcloud menggunakan akun Facebook? Nah, ini salah satu contoh pihak ketiga.
  • Frameworks pihak ketiga dan libraries dapat digabungkan pada HTML sehingga memungkinkan programmer membangun website atau membuat aplikasi dengan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Javascript

Ada nggak sih kelebihan dan kekurangan Javascript? Tentu saja ada, dong~ beberapa kelebihannya adalah:

1. Kecepatan dan Kesederhanaan

apa-itu-javascript-3

Javascript cenderung sangat cepat karena dijalankan langsung di dalam browser. Selain itu, browser utama sebagian besar mendukung kompilasi JIT (Just In Time), yang berarti tidak perlu mengkompilasi code sebelum menjalankannya. Javascript juga relatif lebih mudah dipelajari khususnya bagi pemula, dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C++.

2. Javascript Sangat Fleksibel!

buku-apa-itu-javascript

Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, Javascript dapat disisipkan di halaman web mana pun. Javascript dapat digunakan di berbagai jenis aplikasi karena dukungan dalam bahasa lain, seperti Pearl dan PHP.

3. Fitur yang Kaya dan Fungsi yang Luas

apa-itu-javascript-5

Javascript bisa digunakan untuk membuat fitur beragam seperti drag, drop komponen yang semuanya bisa bermanfaat untuk meningkatkan tampilan (interface) dan pengalaman menggunakan web. Selain itu, programmer juga bisa memperluas fungsi halaman web dengan menulis snippet Javascript untuk add-on pihak ketiga, contohnya seperti Greasemonkey.

Kelebihannya sudah.. Nggak afdol kalau kekurangannya nggak kita bahas juga, ya nggak?~

1. Keamanan untuk Pengguna

apa-itu-javascript-6

Karena JavaScript dijalankan di sisi klien (web pengguna), bug dan pengawasan terkadang dapat dieksploitasi untuk tujuan yang kurang baik. Karena itu, beberapa orang memilih untuk menonaktifkan JavaScript sepenuhnya.

2. Dukungan Browser

apa-itu-javascript-7

Meskipun skrip sisi server selalu menghasilkan output yang sama, terkadang beberapa browser menafsirkan kode JavaScript secara berbeda. Walaupun saat ini perbedaannya sudah terhitung minimal, kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkan perbedaan output asal menggunakan Javascript di browser utama.

Catatan tambahan: Javascript ≠ Java
Bukan merupakan kelebihan atau kekurangan, tapi pengingat buat kamu kalau Javascript itu berbeda dengan Java. Walaupun mereka memiliki nama yang mirip-mirip, tapi cuma sampai di sini kemiripan di antara mereka.
Baik Java maupun Javascript dirakit, ditulis, dan dijalankan dengan cara yang berbeda. Namun, masing-masing memiliki peran penting dalam hal kemampuannya. Perbedaan antara Java dan Javascript dapat dilihat pada tabel berikut

apa-itu-javascript-7

Nah, itu mungkin gambaran awal tentang Javascript untuk memulai perjalanan kamu dalam belajar pemrograman. Jika kamu tertarik untuk belajar lebih jauh, kamu bisa cobain dulu nih materi gratis di aplikasi Binar Academy! Kalau kamu pengen belajar lebih lebih lebih jauh lagi, kamu nanti bisa upgrade ke level berikutnya~

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.