General

Apa itu Client Server? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Binar Academy
Apa itu Client Server? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Isi Halaman :

Binar Academy - Kalau sedang membahas atau mempelajari jaringan, kamu tentu sering mendengar istilah client server. Apa itu client server sebenarnya? Hal tersebut akan dibahas secara lengkap dalam artikel yang sedang kamu baca ini.

Sebenarnya client-server terdiri dari dua istilah dengan makna berbeda, yaitu client dan server. Namun keduanya berhubungan sangat erat dan tidak bisa dipisahkan. Sehingga kerap kali menyebutnya sebagai suatu kesatuan menjadi “client server”.

Apa Itu Client Server?

pengertian client server
Sumber: GitHub Pages

Dalam jaringan komputer istilah server berfungsi menjadi pelayan untuk memenuhi request atau permintaan dari pelanggan. Sementara client merupakan komputer lain yang bertindak sebagai penerima layanan dari server atas permintaan yang diberikan.

Istilah client server juga merupakan salah satu arsitektur jaringan. Arsitektur client server ini berbentuk software atau perangkat lunak. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan sistem server dan client agar dapat menjalin komunikasi melalui jaringan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, server akan berperan sebagai penyedia resource dan data sesuai permintaan dari client.

Jika dilihat pada sistem pertukaran akses di website, client server memiliki peran sebagai program yang memberikan informasi kepada pengguna melalui tampilan website. Hal ini berkaitan dengan jaringan browser, database, email, dan sebagainya.

Perangkat lunak client server memerlukan alamat IP khusus dari server serta halaman website. Client bisa melakukan permintaan informasi kepada server kapanpun tanpa ada batasan waktu. Pasalnya, client adalah pihak pengguna semua data dan informasi yang tersimpan di server.

Proses komunikasi di antara server dan client selalu berjalan dua arah atau timbal balik. Namun perlu diingat bahwa client tidak dapat menjalin komunikasi secara langsung dengan sesamanya.

Arsitektur client server terdiri dari beberapa jenis. Hingga saat ini sudah ada 4 jenis arsitektur untuk jaringan client server yaitu stand alone (one tier), client-server (two tier), three tier, dan multi tier.

Fungsi Client Server

fungsi client server
Sumber: MSA Technosoft

Client server mempunyai instrumen yang berfungsi untuk efisiensi bandwidth serta meningkatkan efektivitas kinerja server yang menyimpan seluruh data client

Software yang berperan sebagai client hanya memperoleh data atau informasi sesuai dengan permintaan yang dibuatnya. Data yang dikirimkan dari server menuju client juga dapat dipastikan 99% aman karena sudah ada teknologi enkripsi.

Namun fungsi yang paling utama dari client server yaitu pengguna dapat menjalankan bisnis miliknya sendiri melalui website yang telah dirancang sebelumnya. Melalui website, client bisa membagikan informasi produknya ke seluruh dunia secara cepat.

Pengguna lainnya kemudian akan memperoleh informasi mengenai produk atau jasa dari browser yang mengakses website tersebut.

Baca Juga: Apa itu Server? Ini Dia Pengertian dan Beragam Jenisnya

Cara Kerjanya

cara kerja client server
Sumber: Packt Subscription

Berikut adalah cara kerja sistem client server yang dijelaskan secara lengkap seperti berikut:

  1. Dilihat dari database, client dapat membangun sebuah halaman web menggunakan berbagai hardware dan software dan menghasilkan tampilan atau user interface yang menarik.
  2. User interface dipengaruhi oleh peran server. Web server menerima permintaan dan menyimpan UI website tersebut ke dalam bentuk dokumen HTML.
  3. Jika diminta oleh pengguna atau client, server akan dengan cepat mengirimkan dokumen HTML tersebut agar dapat ditampilkan di browser dan dilihat oleh pengguna.
  4. Ketika client sudah mendapatkan permintaan dari pengguna, client akan melakukan pemeriksaan sintak atau kode program. Proses ini akan menghasilkan basis data atau database yang diperlukan. Umumnya menggunakan Structured Query Language (SQL) atau bahasa lain.
  5. Proses ini akan diteruskan ke server sambil menunggu server mendapatkan respons dari pengguna akhir. Ketika pengguna telah memberikan respons, database request dibuat untuk client dan hasilnya akan ditayangkan di layar. 

Keuntungan dari Jaringan Client Server

Sumber: Tools QA

Jaringan komputer yang dibuat menggunakan arsitektur client server akan memberikan banyak keuntungan seperti berikut.

  1. Lokasi yang ideal untuk menyimpan big data karena client dapat mengirim serta meminta data yang berukuran sangat besar melalui arsitektur ini.
  2. Meningkatkan kinerja karena seluruh data dan informasi disimpan di satu server yang memiliki kemampuan multitasking tingkat tinggi. Sehingga mampu memberikan respons kepada banyak client sekaligus.
  3. Lebih hemat biaya untuk pengadaan hardware karena pengguna tidak perlu menyimpan semua data di hard drive atau penyimpanan lokal. Jadi, pengguna tidak perlu membeli perangkat penyimpanan secara terus menerus.
  4. Menekan biaya komunikasi untuk menghubungkan dengan sesama pengguna atau user.
  5. Melalui sistem client server, satu data dapat diakses oleh banyak client sekaligus dalam waktu yang sama. Dengan begitu, konsistensi data pun akan terjaga dan cenderung meningkat.
  6. Hanya server yang membutuhkan ruang penyimpanan besar dengan performa yang tinggi. Perangkat penyimpanan yang memadai ini mampu menampung data dalam jumlah besar dan dapat diakses dalam waktu yang sangat singkat.

Setelah membaca dan memahami isi artikel ini, kamu tentu sudah mengetahui apa itu client server, cara kerja dan keuntungan dari penggunaan jaringan client server. Client server juga tergolong ke dalam arsitektur jaringan komputer ini telah digunakan secara luas di seluruh dunia dan terbukti mampu memberikan dampak positif terhadap lalu lintas pertukaran data di situs web. Dengan beragam fungsi yang dimiliki client server. maka sangat penting bagi pemula yang sedang mempelajari jaringan komputer untuk memahami dan bisa mengoperasikan client server dalam operasional websitenya. Bagi kamu yang ingin mempelajarinya lebih jauh, kamu bisa mulai untuk mengambil layanan pembelajaran online atau membaca berbagai artikel yang menyediakan informasi tentang client server.

Baca Juga: Visualisasi Data: Pengertian, Tipe Penyajian, dan Langkah Pembuatannya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya