Cerita Alumni

Tips-Tips untuk Menjadi UI/UX Designer Andal dari UI/UX Designer Binar Academy, Anggun Cahya

Binar Academy
Tips-Tips untuk Menjadi UI/UX Designer Andal dari UI/UX Designer Binar Academy, Anggun Cahya
Isi Halaman :

Binar Academy – Saat ini banyak perusahaan yang mencari role UI/UX Designer karena bidang tersebut amat diperlukan dalam membantu membangun aplikasi ataupun website yang dimiliki oleh perusahan.

Dan bisa dibilang, saat ini role di bidang UI/UX adalah salah satu bidang yang sexy untuk digeluti. Setuju gak, Binarian?

Karena banyaknya perusahaan yang mulai shifting dan mempertimbangkan digital presence mereka, kebutuhan akan seorang UI/UX Designer pun menjadi semakin banyak guna membantu mengembangkan hal-hal yang disebutkan tadi.

Begitu pula dengan aku, Anggun Cahya, yang saat ini merupakan salah satu UI/UX Designer di Binar Academy. Aku menganggap bidang UI/UX itu seru sekali karena melewati banyak proses menyenangkan dan sangat menambah pengalaman bagiku. 

Awal Mula Terjun di Bidang UI/UX Designer

Sebelum mendalami dunia UI/UX, bisa dibilang aku merupakan tipe orang yang selalu ingin mencoba banyak hal karena rasa penasaranku yang tinggi. 

Berkuliah di jurusan computer science atau informatika, aku telah menggeluti bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi. Dan ketika membuat skripsi pun, aku mencoba banyak hal seperti MongoDB, Machine Learning, Phyton, dan juga design.

Dari proses mencoba beragam hal tersebut, sampailah aku di tahap memahami:

Knowing what you don’t want to do is as important as knowing what you want to do.

Dan aku pun memilih untuk melanjutkan rasa penasaranku di dunia design, lebih spesifiknya di dunia UI/UX Design. 

Keseharian Seorang UI/UX Designer yang Menyenangkan!

Bagiku menjadi seorang designer adalah suatu hal yang menyenangkan yang menemani keseharianku! 

Dalam prosesnya, aku diberikan kesempatan untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda karena harus melakukan riset dengan berbagai macam metode seperti interview dan group discussion, sehingga aku berkesempatan untuk melihat banyak sudut pandang.

Dan tak hanya itu, menurutku hal terbaik yang aku dapatkan dari proses ini adalah kesempatan untuk melakukan eksperimen. Dari setiap eksperimen yang dilakukan pasti akan menuntun kepada sebuah jawaban dan juga beragam pertanyaan lainnya. 

Hal tersebut memberiku banyak ide dan juga solusi untuk beragam masalah yang berbeda, serta ruang untuk terus belajar.

Baca juga: Perbedaan UX Designer, UX Researcher, dan UX Writer

Tips Menarik a la Anggun Cahya Menjadi UI/UX Designer!

Apabila teman-teman Binarian saat ini tertarik untuk mendalami dunia UI/UX dan ingin menjadi seorang UI/UX Designer, nih sedikit tips dan trik dari aku untuk kalian agar menjadi UI/UX Designer yang andal!

1. Selalu semangat untuk memecahkan masalah

Bisa dibilang memecahkan masalah adalah misi utama dari seorang UI/UX Designer lho guys! Tentunya hal ini adalah sesuatu yang dapat dipelajari. Bagaimana caranya?

Coba temukan masalah yang ada di sekitarmu, seperti masalah dari suatu produk, aplikasi, layanan jasa, ataupun keadaan suatu daerah – dari hal-hal tersebut, cobalah bangun kebiasaan untuk bertanya apa akar dari permasalahan yang dialami, hal apa yang berjalan dengan baik untuk hal-hal tersebut, dan hal apa yang tidak berjalan baik.

2. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

A designer is a storyteller. Kemampuan dalam meyakinkan dan membuat orang tertarik dengan ide yang kamu miliki adalah sebuah skill powerful bagi seorang designer. Dalam hal berkomunikasi, kamu perlu memastikan informasi ataupun pesan yang kamu bawa tersampaikan dengan jelas. Perhatikan hal-hal seperti kosakata yang digunakan dan sesuaikan cara dan tata bahasa mu dengan lawan bicaramu.

3. Growth mindset!

Ada sebuah kutipan dari Henry Ford yang menjadi salah satu peganganku hingga saat ini yang memberiku rasa semangat untuk terus belajar:

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty.
Anyone who keeps learning stays young.
The greatest thing in life is to keep your mind young.

Belajar tidak selalu di sekolah, bukan? Dan tidak selalu ada peraturan untuk belajar. Jadi, pilih topik apapun yang membuat kamu merasa terus penasaran, cari tau secara mendalam informasi terkait topik tersebut, dan teruslah belajar.

Jadi, sudah siap untuk belajar menjadi UI/UX Designer, Binarian?

Mendalami Lebih Jauh Dunia UI/UX di Binar Bootcamp

Tidak perlu bingung jika kamu belum memiliki background di bidang UI/UX sebelumnya. Di Binar Bootcamp, ada banyak sekali teman-teman Binarian yang memulai proses belajarnya dari nol dan kini telah menjadi ahli di bidang yang diminatinya.

Dan salah satu bootcamp yang paling banyak peminatnya di Binar Academy adalah bootcamp UI/UX Research & Design yang akan mengajarkan kamu materi mendalam seputar dasar-dasar User Experience Design hingga menyusun portfolio.

Kamu dapat mengakses materi Freemium dari bootcamp UI/UX Binar Academy dengan mengunduh aplikasi Binar Academy melalui link berikut.

Baca juga: Belajar Bahasa Pemrograman dari Awal Tanpa Background IT? Ini Cerita Fikri Rahmat!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya