UI/UX

5 Rekomendasi Buku UX Writing untuk Menjadi UX Writer

Binar Academy
5 Rekomendasi Buku UX Writing untuk Menjadi UX Writer
Isi Halaman :

Binar Academy — Makin ke sini, tantangan dalam bisnis kian kompleks karena perilaku konsumen jadi lebih dinamis dari sebelumnya. Perusahaan dituntut lebih lihai dalam menempatkan diri di mata konsumen beserta kebutuhannya agar produk/jasa yang mereka buat bisa bertahan,

Karena itu, perusahaan-perusahaan banyak mencari sosok-sosok spesial yang memiliki kemampuan khusus dalam menarik perhatian konsumen. Salah satunya adalah UX writer.

Tapi, apa sih sebenarnya UX writer itu? Dan, apa saja lingkup pekerjaannya?

Mengenal Peran UX Writer

UX Writer adalah seseorang yang berperan penting dalam menyusun keterangan dan/atau deskripsi yang dimuat dalam produk. Mereka perlu menemukan kata maupun kalimat yang tepat untuk diletakkan di posisi yang tepat pada saat yang tepat; agar pengguna/konsumen merasa nyaman saat berinteraksi dengan produk yang dibuat.

Ranah kerja yang dieksekusi oleh UX Writer dikenal dengan istilah UX writing. Urusan tersebut membutuhkan pemahaman tentang sistem desain, metode penelitian, dan analisis data yang dipadukan dengan keterampilan linguistik. Mulai dari sistem bahasa, tata bahasa, dan penyuntingan.

Untuk itu, UX Writer yang baik harus bisa menerjemahkan rangkaian penjelasan dan istilah yang kompleks menjadi mudah dicerna oleh konsumen yang disasar. Ia juga membutuhkan keterampilan dalam merancang strategi konten — kemampuan untuk merencanakan pengiriman pesan produk yang luas di banyak lapisan. Dan, tentunya, seorang UX writer juga bertanggung jawab untuk membuat tulisan itu sendiri.

Nah, buat kamu yang tertarik menjadi UX writer dalam waktu dekat, kamu perlu lebih rajin mencari referensi. Untuk mempermudah pencarianmu, ini dia beberapa buku UX writing yang bisa kamu baca agar lebih paham soal ranah UX writing. Langsung cek daftarnya di bawah ini yaa!

Rekomendasi Buku UX Writing untuk Kamu yang Sedang Mempelajarinya

1. Everybody Writes - Ann Handley

Rekomendasi buku UX writing yang pertama adalah Everybody Writes by Ann Handley. Secara umum, buku ini menawarkan banyak insight untuk praktik menulis tradisional. Mulai dari bekerja dengan editor dan bagaimana aktivitas menulis (dan interaksi dalam membentuk tulisan yang baik) bisa mengubah hidupmu.

Plus, kamu juga bisa dapat kiat praktis yang dapat diterapkan pada berbagai bentuk konten. Ini juga berlaku untuk cara menulis tebaik untuk tujuan desain antarmuka (interface)!

2. Nicely Said - Nicole Fenton

Buku ini bisa membuat kamu percaya bahasa memiliki kekuatan super. Kata-kata yang kita susun bisa memengaruhi perasaan orang lain; bisa membuat mereka merasa bahagia, sedih, frustrasi, maupun bangga.

Nicely Said adalah salah satu buku terbaik untuk membicarakan tulisan di situs web dan platform digital lain. Plus, buku ini juga memuat ilustrasi yang disusun dengan sangat asyik sehingga hal-hal penting di dalamnya lebih mudah dicerna.

3. Bird by Bird: Some Instructions on Writing and Life - Annie Lamott

Jika kamu adalah seorang penulis (atau ingin menjadi penulis), kamu perlu lebih banyak menghabiskan hari-harimu untuk mengamati dan mendengarkan. Setelahnya, habiskan waktu berpikir lebih banyak untuk menyusun segala temuanmu menjadi tulisan yang bagus!

Bird by Bird: Some Instructions on Writing and Life bisa memandu kita menemukan esensi dari menulis. Mulai dari latihan menulis hingga menangani writer block. Lewat pengalaman pribadi si penulis, kamu juga bisa mendapatkan rahasia untuk membuat draft pertama; hal yang seringkali menjadi masalah banyak orang dalam urusan menulis.

4. Microcopy: The Complete Guide - Kinneret Yifrah

Buku ini disebut “Alkitab Microcopy” karena suatu alasan. Jika kamu ingin menjadi UX writer dan berencana membaca satu buku saja, baca buku yang ini!

Alasannya simpel; buku ini menyertakan banyak contoh dan menyediakan referensi yang baik dalam membuat skenario mikrokopi yang berbeda.

5. Writing is Designing - Michael J. Metts & Andy Welfle

Sebelum berada di posisinya sekarang, para UX Writer profesional berasal dari latar belakang menulis yang berbeda-beda. Ada yang berasal dari penulis berita, esai, fiksi, bahkan copywriting. Selanjutnya, mereka akan berusaha sendiri untuk menyesuaikan mindset dan kebiasaan tersebut ke dalam pekerjaannya saat ini.

Tapi, itu cerita yang sudah lewat! Jika kamu hendak menapaki jalan yang sama, buku ini bisa mempermudah perjalananmu menyesuaikan mood dan tata cara menulis untuk kepentingan UX. Coba baca sendiri aja biar tahu hasilnya~

Itu dia serba-serbi dari UX Writer dan daftar buku yang cocok kamu baca untuk memulai perjalananmu ke arah sana!

Nah, jika kamu ingin belajar lebih banyak soal ranah user interface, kamu bisa ikut bootcamp UI/UX Design di Binar Academy, lho! Semuanya akan dipelajari di Binar Bootcamp. Dan tentunya, kita akan bareng-bareng belajar dari dasar biar semakin paham dengan logikanya dan siap terjun ke industri setelah lulus nanti.

Atau, kamu juga bisa cobain dulu materinya secara gratis! Cukup dengan unduh aplikasi Binar Academy melalui PlayStore/AppStore, kamu bisa mengakses materi Binar Bootcamp secara gratis terlebih dahulu.

Baca juga: Perbedaan UI dan UX Beserta Contohnya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya