Job Connect

Perbedaan Career Growth dan Career Development, Apa Saja?

Binar Academy
Perbedaan Career Growth dan Career Development, Apa Saja?
Isi Halaman :

Binar Academy — Merencanakan career goals merupakan langkah pertama untuk mencapai tujuan dalam pekerjaan. Perencanaan tersebut tak luput dari peran career growth dan career development.

Namun, apa itu career growth dan career development? Serta apa perbedaan keduanya? Berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Career Growth dan Career Development Serta Hubungannya

Istilah career growth dan career development sering dianggap sama, padahal sebenarnya berbeda. Career development atau pengembangan karir merupakan perencanaan yang ditujukan untuk membangun keterampilan jangka pendek.

Sedangkan, career growth adalah perencanaan karir yang dilihat dalam jangka panjang atau dapat dikatakan sebagai kemajuan dalam kehidupan profesional seseorang.

Career development bisa dicapai melalui pelatihan skill ataupun keterbukaan kamu dalam menerima berbagai ilmu baru. Hal ini berbeda dengan career growth yang lebih mengacu pada gambaran besar kemajuan karir seseorang.

Dalam career development, kamu bisa mencapainya melalui berbagai peran dan tanggung jawab yang diambil sepanjang karir kamu ataupun peluang dan kesempatan yang berhasil kamu capai.

Itulah mengapa kedua istilah ini berbeda, tetapi saling mengisi sebagai fondasi dalam mencapai career goal. Semakin kamu bertanggung jawab terhadap pengembangan karir, maka semakin berdampak baik pada pertumbuhan karir kamu.

Merencanakan Career Development dan Career Growth

Setelah memahami perbedaan career growth dan career development, kamu dapat mulai melakukan perencanaan terperinci terhadap perkembangan dan pertumbuhan karir kamu. Ada pun cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.  

1. Membuat daftar hal yang diperlukan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk perkembangan dan pertumbuhan karir adalah dengan mengobservasi posisi yang kamu inginkan. Temukan seseorang yang bekerja di posisi karir impian kamu, lalu buatlah daftar mengenai hal-hal apa saja yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan peran tersebut.

Misalnya serangkain hard skill khusus dan beberapa soft skill penting. Dengan mengobservasi hal tersebut, secara otomatis pengetahuan kamu mengenai posisi yang kamu inginkan akan bertambah.

Selain mengobservasi, kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang yang terlibat dalam posisi tersebut. Jangan lupa untuk saling bertukar wawasan dalam hal karir. Melalui cara ini, kamu dapat melihat pengalaman dan perspektif mereka yang mana bisa kamu terapkan juga dalam rencana karirmu.

2. Menyatakan kemauan untuk mempelajari hal baru kepada perusahaan

Untuk mencapai career growth yang maksimal, tentu harus diiringi dengan pengetahuan kamu dalam pekerjaan tersebut. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyadari pentingnya pengembangan dan pertumbuhan karir para karyawannya.

Salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk mendukung perkembangan karir karyawan adalah dengan mengadakan berbagai kelas atau pelatihan skill. Kemudian, perusahaan juga kerap melakukan sesi sharing terkait dengan pengalaman dan pekerjaan yang dapat ditingkatkan ataupun dipertahankan.

Cara-cara ini dapat kamu manfaatkan secara optimal untuk diterapkan dalam perencanaan karir untuk mencapai career development dan career growth kamu.

3. Jangan ragu meminta bimbingan

Kamu termasuk orang yang sulit untuk fokus pada perencanaan karir? Jika iya, maka jangan ragu untuk meminta bimbingan dari teman atau rekan kerja. Cara ini dapat kamu lakukan dengan meminta teman atau rekan untuk membantu melacak kemajuan karir kamu secara informal. Misalnya dengan mengajak diskusi santai via Zoom untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan kamu, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan mereka untuk menjadi seorang mentor yang sifatnya lebih formal. Misalnya, kamu bisa berdiskusi secara personal yang membahas secara rinci mengenai pencapaian karir kamu.

Kedua cara ini bisa disesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan kamu. Namun, satu yang perlu kamu ingat bahwa mereka hadir bukan untuk menjawab semua pertanyaanmu tetapi lebih untuk memberikan dukungan serta bimbingan. Karena semua kembali lagi kepada usaha kamu dalam mencapai tujuan tersebut.

4. Keluar dari zona nyaman

Zona nyaman terkadang memang menjadi hambatan besar dalam karir kamu. Terlalu lama berada di zona nyaman tidak akan membuat kamu mendapatkan ilmu dan pengalaman baru sehingga kamu akan stuck di posisi yang sama dan semakin jauh dari perkembangan karir.

Kamu bisa coba mengambil project yang menantang dan mendorong kamu untuk melampaui apa yang kamu bisa. Cara ini bisa dilakukan untuk mendorong proses pembelajaran serta meningkatkan kepercayaan diri dalam dunia kerja.

Kira-kira seperti itulah perbedaan career development dan career growth yang perlu kamu tata dalam mencapai tujuan karir kamu. Perencanaan yang matang tentu akan membuahkan hasil yang baik. Langkah awal perencanaan karir yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuka koneksi terhadap pekerjaan yang kamu inginkan.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan Job Connect dari Binar Academy dalam mendapatkan peluang tersebut. Di Job Connect, kamu juga dapat dibantu perencanaan karirnya. Untuk memulai, isi form Job Connect.

Baca juga: Binar Insight, Solusi Jitu Buat Tingkatin Skill dan Bikin Karier-mu Makin Berbinar!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan Tech Talent Berkualitas dari BINAR

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Dapatkan tech talent berkualitas untuk perusahaan anda dengan Rekrut Talenta Digital
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Temukan Tech Talent Berkualitas dari BINAR

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Konsultasikan kebutuhan anda dengan tim BINAR untuk temukan tech talent berkualitas
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya