General

6 Contoh Headline Linkedin dan Cara Membuatnya

Binar Academy
6 Contoh Headline Linkedin dan Cara Membuatnya
Isi Halaman :

Binar Academy - Inilah contoh headline LinkedIn bagi kamu yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan. LinkedIn sering menjadi salah satu website andalan ketika seseorang akan mencari pekerjaan.

LinkedIn sendiri merupakan media sosial yang memiliki jaringan profesional terbesar di dunia yang bisa diakses melalui internet. Platform ini bisa diakses oleh siapa saja yang ingin mengembangkan keahlian dan juga karirnya.

Kamu bisa menemukan berbagai macam lapangan pekerjaan atau tempat magang yang paling tepat untuk membangun atau memperkuat hubungan secara profesional dengan pihak-pihak lainnya.

Cara Membuat Headline LinkedIn Agar Tampak Profesional

cara membuat headline linkedin agar tampak profesional
Sumber: Unsplash

headline yang ada pada LinkedIn merupakan bagian teratas yang akan terlihat di profil kamu. Biasanya akan menjelaskan mengenai apa yang kamu lakukan dan keahlian yang dimiliki dalam 220 karakter.

Deskripsi singkat ini harus dipikirkan dengan baik karena nantinya akan muncul berdampingan dengan nama pengguna di hasil pencarian. Buatlah menjadi menarik untuk pembaca agar banyak orang yang akhirnya klik profil kamu dan mempelajari lebih lanjut mengenai keahlian dan latar belakang yang kamu cantumkan akan sama fungsinya dengan CV.

Buatlah headline yang unik sehingga perekrut akan memiliki alasan untuk melihat profil kamu dan mulai mempertimbangkan untuk menerimamu menjadi salah satu bagian dalam timnya. Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar contoh headline LinkedIn bisa terlihat lebih profesional.

Baca Juga: 5 Contoh Jawaban 'Ceritakan Mengenai Diri Anda' Dan Tipsnya

1. Yang harus dimasukkan ke dalam headline

Seseorang yang baru akan memasuki dunia kerja baik fresh graduate atau masih berkuliah pasti kebingungan. Jadi pada headline LinkedIn wajib untuk menjelaskan siapa kamu dan mengapa mereka bisa terhubung dengan kamu.

Ditambahkan bagaimana kamu bisa ikut berkontribusi dengan mereka atau mereka dapat bergabung dengan kamu. Masukkan juga beberapa spesifik keyword sehingga akan membuat prospek menjadi meningkat dan banyak orang yang akan menemukan profil kamu.

2. Menyesuaikan dengan target audiens

Selanjutnya pemilihan bahasa dan keyword harus dipertimbangkan dengan target audiens yang ingin dicapai. Misalnya kamu sangat akrab dengan dunia penjualan bisa menggunakan contoh headline dengan memasukkan kata “sales professional”.

3. Menggunakan bahasa yang akan menguntungkan

Penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan, saat akan membuat semua headline perhatikan juga mengenai bahasa yang biasa diterapkan pada perusahaan tersebut dari mulai jargon perusahaan tersebut dan yang lainnya dengan harapan dapat meningkatkan prospek kamu.

Karena walaupun headline kamu dibuat sangat menarik menggunakan bahasa yang baik tetapi orang lain hanya mengerti pada beberapa bagian saja bukan keseluruhan. Pesan yang akan disampaikan juga pasti tidak akan mengerti.

4. Menggunakan keyword yang tepat

Kata kunci sangat penting, menggunakan keyword yang tepat pada contoh headline LinkedIn akan membuat profil LinkedIn kamu berada pada peringkat teratas pada halaman pencarian.

Sehingga profil akan dilihat lebih banyak pengunjung sehingga meningkatkan prospek orang yang akan mempekerjakan kamu. Cara agar bisa menarik perhatian kamu bisa memasukkan beberapa pengalaman dan menggunakannya dalam kata kunci.

Ini merupakan rumus yang tepat untuk memasukkan keyword pada headline pertama “(Judul) di (Perusahaan) – Bantu USP” atau “(judul) | (Perusahaan
(USP)+jabatan+perusahaan+manfaat untuk bekerja dengan kamu” terakhir “masukkan kata kunci | masukkan deskripsi singkat”.

Contoh Headline LinkedIn untuk Fresh Graduate

contoh headline linkedin untuk fresh graduate
Sumber: Rigorous Theme

seperti yang sudah dijelaskan headline adalah bagian atas yang akan muncul pada saat seseorang mencari sebuah profil. Headline akan menjadi first impression perekrut terhadap kamu.

Headline juga merupakan penentu mereka akan lanjut memasuki profil atau tidak membaca sama sekali. Agar tidak terjadi contoh headline LinkedIn untuk fresh graduate ini harus diperhatikan. Karena masih aja ada yang salah saat menulis headline khususnya bagi pada fresh graduate.

1. Jangan membiarkannya kosong

Fresh graduate banyak yang mengabaikan headline karena merasa bagian ini tidak penting. Pada kenyataannya bagian inilah yang sangat penting dibandingkan dengan bagian profil lainnya.

Karena dengan adanya contoh headline LinkedIn yang baik perekrut akan menjadi tertarik untuk melihat isi profil tersebut. Tanpa adanya headline perekrut tidak akan mengecek profil kamu dan dianggap kurang profesional.

2. Tidak menjelaskan pengalaman kerja

Pengalaman kerja tidak cukup hanya menjelaskan nama perusahaan dan jabatannya saja. tetapi jelaskan juga apa yang sudah dilakukan atau pengalaman yang paling ingin kamu temukan.

Karena hanya ada pengalaman dan nama jabatan tidak efektif menerangkan kamu sudah mencapai sebuah pencapaian yang luar biasa.

Contoh Headline LinkedIn untuk Jobseeker

contoh headline linkedin untuk jobseeker
Sumber: Novoresume

untuk pencari pekerjaan membuat headline merupakan bagian yang sangat penting agar banyak perekrut yang tertarik untuk melihat profil. Karena harapannya setelah perekrut melihat profil kamu mereka akan sedikit lebih dekat untuk merekrut kamu.

Tetapi ada beberapa hal yang harus kamu jelaskan pada headline, karena bagian ini akan ditulis sangat singkat tidak akan lebih dari 220 karakter. Jadi berikut ini contoh headline LinkedIn yang baik dan juga.

1. Tunjukan kompetensi dan keahlian

Menunjukan skill dan keahlian adalah hal yang wajib untuk dimasukkan. Jelaskan secara singkat apa yang bisa kamu lakukan.

2. Menyertakan pengalaman kerja

Jika kamu sudah pernah bekerja, lebih bagus untuk memasukkan pengalaman kerja dan jabatan yang telah dicapai sebelumnya dengan catatan jika itu relevan dengan pekerjaan yang kamu targetkan.

3. Memberi tahu nilai yang kamu punya

Value atau nilai diri sangat penting tidak hanya skill tetapi sikap dan juga sopan santun. Tunjukan bahkan kamu memiliki value yang baik untuk direkrut pada perusahaan mereka.

4. Memasukkan keyword

Keyword adalah elemen yang sangat penting untuk memudahkan perekrut menemukan kamu. Kata kunci ini merupakan kata yang akan dicari pada kolom pencarian oleh orang lain. Jadi masukkan sebuah frasa atau kata sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan.

LinkedIn adalah media sosial yang bisa kamu gunakan dan sangat direkomendasikan untuk mendapatkan pekerjaan. tetapi sebelum itu perhatikan contoh headline LinkedIn karena merupakan bagian yang sangat penting untuk menarik perhatian.

Baca Juga: 15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya