General

15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

Binar Academy
15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD
Isi Halaman :

Binar Academy — Bingung membuat deskripsi diri yang bagus agar HRD tertarik? Tenang dulu, kamu bisa mengambil inspirasi dari contoh deskripsi diri dalam CV di bawah ini! Sekilas bagian CV yang satu ini terlihat sepele, namun ternyata bagian deskripsi ini juga menjadi "kunci" terhadap penilaian HR, lho!

Seringkali orang-orang malah memasukkan hal yang bertele-tele dalam bagian ini, dan bahkan terlalu berfokus kepada kelebihan diri (namun kurang jelas arahnya kemana). Nah untuk menghindarinya, cari tahu yuk cara membuat deskripsi diri di CV yang dapat menarik perhatian HR melalui artikel di bawah ini!

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Bahasa Indonesia

contoh deskripsi diri dalam cv
Sumber: Hudson

Bagi yang mau membuat CV berbahasa Indonesia, silakan cek contoh deskripsi diri di bawah ini yaa sebagai bahan referensi~ ada beberapa role pekerjaan yang kami jadikan contoh.

1. Financial Advisor

contoh cv sebagai financial adviso
Sumber: Personal Capital
Saya merupakan seorang financial advisor dengan pengalaman kerja 15 tahun. Memiliki kemampuan manajemen yang kuat dan kreatif memecahkan masalah. Sekarang saya mencari posisi sebagai financial advisor manager untuk memperluas pengalaman di bidang karier ini.

2. Graphic Designer

contoh cv sebagai graphic designer
Sumber: Unsplash
Lulusan S2 Desain Grafis dari Universitas XYZ. Berpengalaman lebih dari 3 tahun di dunia desain grafis konvensional dan digital. Berkepribadian kreatif, inovatif, ambisius, dan memiliki attention to detail. Menguasai berbagai software, seperti Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, GIMP dan Procreate.

3. Customer Service Specialist

contoh cv diri sebagai customer service spesialist
Sumber: Unsplash
Customer service specialist selama 6+ tahun. Mampu berpikir out-of-the-box dalam memecahkan masalah dan berinovasi untuk kebutuhan perusahaan. Berpengalaman meningkatkan loyalitas pelanggan sampai 50%.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Melamar Kerja

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Bahasa Inggris

Mau yang lebih keren? Pakai Bahasa Inggris! Sebelum itu pastikan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan ya!

1. Event Organizer Manager

contoh deskripsi diri cv sebagai event organizer manager
Sumber: Eventbrite
Dedicated event organizer manager with 10 years of experience handling big international events. Eager to join XYZ Inc. to offer an exciting way of event management and provide exceptional experience to client.

2. Web Developer Specialist

contoh pengenalan diri cv sebagai web developer specialist
Sumber: KCCDaily
Enthusiastic Web Developer Specialist with over 3 years of professional experience. Skilled in web development, UI/UX designing and cyber security. Able to work with various programming language, such as Java, C++, and Python. Led Web Development Seminar back in 2015 with 300 attendees.

3. Software Engineer

pengenalan diri dalam cv sebagai software engineer
Sumber: Unsplash
Entry-level software engineer. Completed 10 freelance projects from popular brand, including an e-commerce site that sells fashion apparel. Currently the vice president of Computing Machinery Organizations. Having an interest to deliver software engineering excellence for XYZ Inc.

4. Secretary Executive

pengenalan diri dalam cv sebagai secretary executive
Sumber: YourFreeCareerTest
I’m a professional Secretary Executive, with wide range of office management and administration skills. Experienced in the field for 10+ years. Seeking to provide exceptional secretary skills for client and ABC Corp.

Contoh Deskripsi Diri untuk Pekerja Berpengalaman

Ingat, hindari menulis deskripsi diri terlalu panjang. Apabila pengalaman yang kamu miliki sangat banyak, kamu dapat meng-highlight bagian yang menjadi "kunci" bagi CV mu. Untuk contohnya, lihat di bawah ini yaa.

1. Software Engineer

deskripsi diri berpengalaman sebagai software engineer
Sumber: Unsplash
Saya adalah magister Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Selama 5 tahun berpengalaman sebagai software engineer menangani proyek pengembangan software sebuah perusahaan fintech. Mampu berinovasi kreatif, mengelola waktu dengan baik, komunikatif dan suka berkolaborasi.

2. Data Analyst

pengenalan diri sebagai data analyst pengalaman
Sumber: Udacity
Berwawasan luas, teliti, analitis, kritis dan berpengalaman selama lebih dari 10 tahun. Mampu menganalisis data rumit menjadi informasi yang mudah dicerna. Berhasil meningkatkan pertumbuhan perusahaan besar multinasional selama bekerja sebagai Data Analyst.

3. Professional Machine Operator

mengenalkan diri sebagai professional machine operator
Sumber: LinolnTech
Memiliki lisensi profesional dengan pengalaman 15+ tahun di dunia operasi mesin. Berpengalaman dalam merawat dan menjaga mesin agar tahan lama. Sedang mencari prospek bekerja untuk meningkatkan operasional di perusahaan ABC.

4. Content Writer

mengenalkan diri sebagai content writer berpengalaman
Sumber: Unsplash
Mempunyai pengalaman di bidang penulisan konten yang dioptimasi SEO selama lebih dari 8 tahun. Terampil dalam menyusun kalimat, memilah kata dan membuat pembaca tertarik. Memiliki kemampuan interpersonal dan kolaborasi yang kuat.

5. Brand Manager

mengenalkan diri sebagai brand manager berpengalaman
Sumber: RobertHalf
Berpengalaman sebagai profesional Brand Manager selama 5 tahun lebih. Menguasai bidang strategi positioning dan pemasaran produk konsumen secara mendalam. Memenangkan penghargaan nasional sebagai “Product of the Month” dan berhasil menaikkan penjualan hingga 80%.

6. Product Marketing Specialist

memperkenalkan diri sebagai product marketing specialist
Sumber: Unsplash
Saya adalah spesialis digital marketing. Pencapaian terbesar saya mampu menaikkan laba bersih perusahaan hingga 50%. Mampu berpikir solutif, visioner, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan data yang ada.

Contoh Deskripsi Diri untuk Fresh Graduate

contoh-deksripsi-diri-di-cv-untuk-fresh-graduate
Sumber: Unsplash

Nah setelah melihat contoh dari beberapa bidang pekerjaan, bagaimana untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja? Beruntungnya, kamu bisa kok memasukkan pengalaman organisasi atau magang selama kuliah, misalnya seperti di bawah ini:

Lulusan S1 dengan program studi pemasaran digital. Berpengalaman lebih dari 2 tahun dalam menjalankan kampanye pemasaran digital di platform media sosial melalui program internship di start up internasional. Tertarik untuk mencari kesempatan berkembang di perusahaan XYZ.
S1 lulusan Universitas Indonesia dengan bidang studi Bahasa Indonesia. Menjabat sebagai ketua Organisasi Karya Tulis Ilmiah selama duduk di bangku kuliah. Juara 2 lomba pidato bahasa Indonesia di Bangkok tahun 2009 dan juara 1 lomba puisi nasional tahun 2010. 
(Nama) adalah mahasiswa tingkat akhir di Universitas Ternama. Pribadi yang kerja keras, energetik, teliti dan pantang menyerah. Memiliki pengalaman 1 tahun selama internship di perusahaan asuransi. Tertarik akan dunia investasi saham dan manajemen finansial. 
Saya adalah mahasiswa semester akhir di bidang Teknik Lingkungan. Pernah magang di salah satu perusahaan besar multinasional di Indonesia. Sewaktu kuliah pernah menjabat sebagai kepala departemen di satu organisasi kampus. Memiliki passion untuk mengembangkan lingkungan. 

Itulah beberapa contoh deskripsi diri dalam CV yang baik dan benar. Intinya, tonjolkan kelebihan serta pencapaian terbesar yang kamu miliki. Tak perlu menulis semuanya ya, pintar-pintarlah merangkai kata-katanya agar terlihat menarik dan enak untuk dibaca.

Apabila kamu masih ingin mempelajari hal lain seputar pembuatan CV ataupun hal-hal yang berkaitan dengan career development, kamu dapat mengikuti self learning class dari BinarGO! yang membawakan topik Getting Job in Tech! Selamat belajar~

Baca juga: Cara Mengembangkan Critical Thinking dan Manfaatnya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya