Web Development

Belajar Pemrograman Sambil Main Game? Tentu Saja Bisa!

Binar Academy
Belajar Pemrograman Sambil Main Game? Tentu Saja Bisa!
Isi Halaman :

Binar Academy — Kurang mood belajar sambil baca dan nonton video? Ada kabar gembira buat kamu!

Di internet, terdapat beberapa game online yang dirancang khusus untuk mengajak kamu belajar pemrograman lewat permainan yang seru; baik itu yang menggunakan bahasa JavaScript, Python, Java, PHP, C#, dan lainnya. Permainan-permainan tersebut juga dirancang dengan berbagai tingkat kesulitan, mulai dari kelas programmer pemula hingga yang sudah mahir.

Kerennya lagi, kebanyakan dari game tersebut tersedia secara gratis! Bahkan, ada juga yang sifatnya open-source, sehingga kode-kodenya di dalam permainannya bisa kamu salin, modifikasi, dan dikembangkan sendiri.

Penasaran? Berikut beberapa daftar game online yang bisa kamu mainkan sembari belajar pemrograman!

6 Game Online untuk Belajar Pemrograman

1. Codecombat

Bagi kamu yang masih pemula, CodeCombat merupakan game yang pas untuk dimainkan sambil belajar programming!

Sama seperti judulnya, ini adalah game pertarungan! Di sini, kamu akan bermain sebagai karakter pilihan yang dibekali pelindung, senjata, dan item khusus. Seperti game pertarungan pada umumnya, ada tiga atribut utama yang memengaruhi performamu di game ini; damage, health, dan speed. Ketiganya dapat bertambah seiring permainan lewat experience points. Dan, kamu akan melalui banyak rintangan dan stage untuk sampai di tantangan terakhir.

Enaknya lagi, CodeCombat mempersilakan kita untuk memilih bahasa pemrograman yang digunakan dalam permainan; bisa Python, Clojure, CoffeScript, Javascript, Lua, dan IO.js.

2. CSS Diner

Permainan ini adalah cara yang sederhana tapi asyik untuk mempelajari CSS. Ada 32 level yang akan melatih kemampuan CSS tingkat dasar kita.

Tapi, jangan khawatir! Namanya juga game, pasti ada tantangannya, dong. Setiap level dalam game gratisan ini bakal semakin kompleks. Jadi, kamu tetap bisa latihan dan tidak akan merasa bosan selama bermain~

3. CodeMonkey

Di game ini, kamu diminta untuk membantu seekor monyet menjalankan misinya. Mirip cerita Kera Sakti, bukan?

Tapi, tetap ada bedanya dong! Sambil berpetualang dan bersenang-senang menangkap pisang, kamu juga harus memperbaiki sebuah kode program untuk masuk ke tahap selanjutnya. Dipandu oleh profesor yang akan muncul setiap perpindahan stage, tantangan-tantangan di game ini bisa dipecahkan ketika kamu mengikuti instruksi sambil melakukan.

Penasaran, kan? Coba aja dulu sendiri~

4. CodinGame

CodinGame adalah game coding dalam bentuk multiplayer online battle arena (MOBA). Jadi, pengalamannya bakal mirip kaya main Dota atau Mobile Legend. Nah, selain bisa dimainkan sambil ngobrol bareng teman, game ini juga membantu kamu latihan lebih dari 25 bahasa pemrograman; termasuk JavaScript, Ruby, dan PHP.

Salah satu hal hebat tentang CodinGame adalah game ini ada kompetisinya juga! Tingkat internasional pula. Lumayan kan buat portfolio dan pamer ke calon mertua~

5. Untrusted

Untrusted adalah game petualangan meta-JavaScript yang menguji keterampilan JavaScript kamu untuk memecahkan masalah. Jadi, kamu akan menggunakan JavaScript untuk memandu Dr. Eval (semacam karakter) melalui kontinum mesin dan mengubah realitasnya untuk berpindah antar level.

Meski tampilannya sederhana, game ini seru abis gan. Soalnya, jalan dan tantangannya cukup kompleks. Cobain deh.

6. Empire of Code

Empire of Code adalah game kombinasi antara strategi, taktik, dan keterampilan coding. Kamu ditantang untuk mempertahankan markas sendiri dan merebut markas orang lain. Mirip-mirip dikit dengan CodinGame di atas, lah.

Sebenarnya, kamu bisa main tanpa perlu bisa coding. Tapi, kalau bisa, kamu bakal punya keuntungan yang lebih besar. Dan, kemampuan yang diperhitungkan adalah bahasa JavaScript atau Python.

Nah, daftar di atas bisa jadi alternatif nih buat kamu belajar lebih jauh soal programming dan melatih keterampilan coding. Tapi, balik lagi, semuanya hanya permainan semata yaa. Jadi, belum bisa menjadi bukti otentik untuk menyatakan kalau kamu punya skill dan bisa berkarya betulan di ranah programming.

Mungkin, yang kamu butuhkan adalah sertifikasi dan bimbingan dari orang yang terpercaya.

Kalau memang benar itu yang kamu butuhkan, cobain belajar di Binar Academy aja! Kamu bisa belajar programming dengan serius tapi santai lewat framework membuat situs web di bootcamp Full-stack Web Development. Pelajari selengkapnya dengan kunjungi laman Binar Bootcamp.

Baca juga: 9 Situs Belajar Coding Online Gratis Terbaik untuk Pemula

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya