Tips Memilih Corporate Training di Era Digital

Digital Talent Accelerator

Binar Academy — Dalam era transformasi digital saat ini, persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat. Untuk menghadapi hal tersebut, memupuk talenta tiap SDM dalam perusahaan dapat menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Selain menghemat biaya, meningkatkan skill karyawan juga bermanfaat untuk mengurangi frekuensi turnover karyawan dan juga meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Karenanya, pengadaan corporate training menjadi solusi yang tepat. Ada banyak corporate training yang tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun, bagaimana cara memilih corporate training Jakarta yang tepat untuk perusahaan? Simak tips memilih corporate training berikut ini.

Tips Memilih Corporate Training di Era Digital

Pemilihan lembaga corporate training menjadi hal yang krusial dalam peningkatan skill karyawan. Mengingat ada banyak lembaga corporate training yang dapat dipilih, perusahaan Anda perlu untuk menentukan kriteria corporate training yang dapat membawa kesuksesan terhadap perusahaan. Berikut adalah tips memilih corporate training di era digital yang harus perusahaan Anda perhatikan.

1. Lembaga corporate training yang terpercaya

Hal pertama yang harus perusahaan perhatikan dalam memilih corporate training adalah memastikan bahwa lembaga corporate training tersebut terpercaya. Hal ini dapat dilihat dari kepemilikan izin operasional resmi secara hukum yang dimilikinya.

Memilih lembaga yang tidak memiliki izin operasional tentu akan merugikan perusahaan. Salah satu masalah yang dapat muncul adalah mereka tidak dapat bertanggung jawab secara resmi atas pelatihan yang mereka berikan. Selain itu, corporate training yang tidak memiliki izin operasional resmi kerap tidak memiliki trainer yang berpengalaman di bidangnya.

Selain memiliki izin operasional resmi, lembaga corporate training yang terpercaya dapat dilihat melalui klien-klien yang sudah pernah bekerja sama dengannya. Perusahaan Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu testimoni yang diberikan oleh klien-klien mereka.

Jika testimoni yang diberikan baik, misalnya mereka berhasil membawa perusahaan tersebut menuju goals yang mereka inginkan dan berhasil memberikan solusi untuk permasalahan perusahaan, maka kemungkinan besar lembaga tersebut terpercaya.

2. Paket Program

Hal kedua yang harus diperhatikan perusahaan dalam menentukan lembaga corporate training adalah pilihan paket program yang ditawarkan. Perusahaan perlu melihat terlebih dahulu apakah paket program yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Selain mempertimbangkan kebutuhan, perusahaan juga perlu untuk mempertimbangkan metode pelatihan yang ditawarkan.

Ruth Clark (1998) mengatakan bahwa terdapat empat jenis metode pelatihan yang wajib dimiliki oleh corporate training, yaitu receptive, directive, guided discovery, dan exploratory.

Receptive adalah salah satu jenis pelatihan yang menggunakan mode “bercerita”. Metode ini akan bermanfaat untuk pengenalan suatu informasi baru, namun tidak direkomendasikan untuk mencari sebuah pemecahan masalah.

Kemudian, metode directive adalah metode yang mengarahkan pesertanya untuk menganalisis pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Selanjutnya, terdapat metode guided discovery yang memanfaatkan metode terpadu berbasis penyelesaian kasus terhadap pesertanya. Dalam metode tersebut, peserta akan dibentuk untuk mengambil inisiatif terhadap penyelesaian kasus yang diberikan trainer.

Terakhir, terhadap metode exploratory yang menjadikan pesertanya pemegang kendali dalam pelatihan. Peserta akan mengetahui apa yang diperlukan dan mencari tahu segala hal untuk membantu mereka mencapai tujuannya.

Binar Academy menjadi salah satu lembaga corporate training Jakarta yang memanfaatkan keempat metode pelatihan tersebut. Ada pun metode pelatihan yang ditawarkan Binar Academy meliputi Bootcamp, Workshop, In-depth Training, dan Mentoring. Binar Academy juga memiliki pilihan materi yang beragam, di antaranya dalam bidang culture, analytics, technology, operations, dan commercials.

Dengan metode dan pilihan materi tersebut, output yang dihasilkan tak hanya basic skill yang dikuasai, tetapi juga keterampilan memecahkan masalah berdasarkan best practice yang telah diajarkan. Maka dari itu, perusahaan Anda dapat memilih secara lebih bervariasi bentuk pelatihan yang dibutuhkan.

3. Trainer Terbaik

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan perusahaan dalam memilih lembaga corporate training adalah mencari tahu apakah trainer yang ditawarkan memang yang terbaik di bidangnya atau tidak. Beberapa aspek yang dapat perusahaan cek untuk melihat kualitas trainer adalah jam terbang trainer, sertifikasi, dan testimoni yang diberikan.

Dalam hal ini, Binar Academy kembali menjadi salah satu lembaga corporate training yang menawarkan trainer atau talent terbaik yang merupakan praktisi di industri digital, di antaranya adalah Product Manager, UI/UX Designer, Full-stack Web Developer, Android Developer, DevOps Engineer, Frontend Engineer, Backend Engineer, QA Engineer, React Native Developer, dan iOS Developer.

Selain itu, trainer yang ditawarkan oleh Binar Academy pun merupakan kandidat terpilih yang telah melalui tahap seleksi. Kemudian, mereka juga memiliki Tech Stack luas, kemampuan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, berpengalaman, dan memiliki hard skills dan soft skills yang andal. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Binar Academy memiliki trainer terbaik untuk membantu perusahaan Anda.

Ketiga tips di atas merupakan beberapa hal yang perlu perusahaan Anda pertimbangkan sebelum memilih lembaga corporate training.

Perlu diingat bahwa memilih lembaga corporate training yang terpercaya dapat menjadi bentuk investasi yang menguntungkan bagi perusahaan. Untuk itu, dengan berbagai trainer yang merupakan praktisi di industri digital serta pilihan program yang bervariasi, Binar Academy hadir untuk menjadi lembaga yang diharapkan dapat membantu perusahaan Anda dalam bersaing dan bertransformasi menjadi yang terdepan.

Kunjungi laman Digital Talent Accelerator sebagai lembaga resmi corporate training di Binar Academy yang dapat menyediakan program pelatihan khusus untuk perusahaanmu.

Baca juga: Cara Membuat Program Pengembangan Karyawan a la Binar Academy

Artikel Rekomendasi