General

15 Project Management Tools untuk Mendukung Aktivitas Kerja

Binar Academy
15 Project Management Tools untuk Mendukung Aktivitas Kerja
Isi Halaman :

Binar Academy - Project management tools memiliki banyak manfaat di dunia kerja. Ditambah lagi cara untuk mengaksesnya mudah dan cepat. Pekerjaan kamu menjadi lebih terorganisir dengan baik sehingga bisa cepat selesai.

Kehadirannya membantu kamu untuk mengelola pekerjaan agar bisa lebih efisien. Hal ini juga didukung dengan teknologi yang terus mengalami perkembangan sehingga memunculkan tools yang cukup banyak. 

Kamu bebas memilih tools untuk menunjang pekerjaan. Aktivitas tetap dapat berjalan efektif meskipun bekerja dari rumah. Kamu juga dapat menjalin komunikasi dengan sesama rekan kerja sehingga pekerjaan lancar. 

15 Project Management Tools yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berikut ini ada beberapa tools yang harus kamu ketahui beserta fungsinya dalam dunia kerja. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menyimak penjelasannya hingga akhir. 

1. Zoom

zoom adalah salah satu project managemen tools
Sumber: Elon University

Platform yang satu ini sangat populer dan banyak digunakan saat menyelenggarakan webinar, meeting dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan versi gratis maupun premium. 

Versi gratis hanya dapat digunakan selama 40 menit dan maksimal 100 orang saja. Berbeda jika menggunakan versi premium, jumlah peserta meeting bisa lebih banyak, apalagi biayanya juga terjangkau. 

2. Type Talk

type talk adalah salah satu poject management tools
Sumber: Type Talk

Project management tools berikutnya ada type talk yang memberikan banyak penawaran menarik karena sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi seperti Cacoo. Kamu bisa menggunakannya melalui komputer windows maupun mac. 

Selain itu, bisa melalui perangkat seluler iOS dan android. Kamu bisa memilih versi gratis dengan ruang penyimpanan sebanyak 1 GB. Selain itu, menggunakan versi berbayar dengan kapasitas penyimpanan 50 GB.

3. Trello

trello adalah salah satu project management tools
Sumber: cifi.it

Banyak fitur menarik yang bisa dinikmati para pengguna. Selain itu, bisa berinteraksi dengan rekan kerja secara private maupun publik. Kamu direkomendasikan memakai versi aplikasi daripada web untuk memaksimalkan penggunaannya. 

4. Slack

slack adalah salah satu project management tools
Sumber: Slack

Project management tools selanjutnya adalah slack yang berfungsi untuk memperlancar Sumber:komunikasi dengan sesama anggota tim. Aktivitas lain yang bisa dilakukan antara lain mengirim dokumen, gambar maupun video. 

Kamu juga dapat terhubung dengan teman melalui panggilan video maupun suara. Selain itu, tersedia fitur screen sharing saat melakukan presentasi. Privasi juga lebih terjaga karena terdapat pengaturan private dan publik. 

5. Asana

Asana adalah salah satu project management tools ang mendukung aktivitas kerja
Sumber: Asana

Apabila ingin menjalin kerjasama dengan klien maka bisa memanfaatkan Asana. Kamu bisa melakukan pengelolaan proyek dengan menggunakan beberapa pilihan seperti board, timeline, forms dan lain-lain. 

6. Flock

Flock adalah salah satu project management tools yang mendukung aktivitas kerja
Sumber: www.flock.com

Project management tools ini dapat digunakan untuk melakukan chatting baik secara pribadi maupun dalam grup. Jika kamu membutuhkan tatap muka maka bisa menggunakan fitur konferensi video built-in. 

7. Airtable

Airtable adalah salah satu project management tools
Sumber: www.airtable.com

Airtable merupakan salah satu platform yang berfungsi untuk membuat sekaligus menyimpan data. Contohnya mengelola inventaris hingga database produk dan lain sebagainya. 

Data yang tersimpan bisa diurutkan sesuai dengan kebutuhan. Nantinya data dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti galeri, mode grid spreadsheet, kanban dan kalender. 

8. Dropbox

Dropbox adalah salah satu project management tools
Sumber: Brand Logos

Project management tools tersebut bisa kamu manfaatkan ketika ingin membagikan file kepada karyawan lain secara online. Caranya dengan memberikan link URL file. Kamu bisa melihat hingga 175 lebih jenis file.

9. Miro

Miro adalah salah satu project management tools
Sumber: Miro.com

Papan tulis online ini memfasilitasi kamu dan tim untuk menyusun strategi bisnis. Semua orang dapat mengedit informasi dalam papan tulis tersebut. Selain itu, bisa memanfaatkan fitur untuk berkomunikasi antar anggota.

10. Wrike

wrike adalah salah satu project maagement tools
Sumber: Wrike

Aplikasi tersebut berguna dalam mengelola manajemen proyek. Kamu dapat melakukan update secara real-time. Jika ingin menikmati lebih banyak fitur maka silahkan melakukan upgrade untuk mengakses tools penting lainnya.

Baca Juga: Six Thinking Hats: Pengertian, dan Cara Menggunakan Teknik 6 Topi

11. Loop

Loop adalah salah satu project management tools untuk mendukung aktivitas kerja
Sumber: Capterra

Project management tools tersebut diciptakan untuk menangani berbagai masalah dalam email. Contohnya saat terjadi email chain dengan cara menghadirkan kotak masuk bersama. 

Anggota tim dapat mengakses email dan membalasnya langsung sesuai keperluan. Biasanya digunakan untuk mengirimkan email kepada pelanggan. Kabar baiknya adalah tersedia versi trial selama 14 hari. 

12. Google Workspace

Google Workspace adalah salah satu project management tools
Sumber: RW Networks Inc

Banyak fitur kolaborasi yang ditawarkan dalam Google Workspace. Fiturnya sangat lengkap sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Misalnya kamu dapat menggunakan kolaborasi beberapa tools seperti spreadsheets dan Google Docs. 

Keuntungan menggunakan Google Workspace adalah kamu bisa menyelesaikan tugas secara bersama-sama dalam satu dokumen. Ruang penyimpanan yang tersedia juga cukup besar, yaitu 30 GB. 

13. Basecamp

Basecamp adalah salah satu project management tools
Sumber: basecamp.com

Project management tools itu dapat digunakan dengan mudah. Aktivitas yang dapat dilakukan melalui basecamp antara lain memantau progress kerja, mengatur deadline maupun membuat tugas untuk anggota tim. 

Semua aktivitas tersebut dapat berjalan lancar karena didukung dengan adanya fitur seperti project milestone schedule, universal applicability dan automatic check-ins. Selain itu, masih ada fitur pendukung yang tidak kalah penting. 

14. Mavenlink

Mavenlink adalah salah satu project management tools
Sumber: Trust Radius

Bagi kamu yang membutuhkan tools sederhana dengan biaya terjangkau maka bisa memilih Mavenlink. Aplikasi tersebut cocok dipakai untuk mengerjakan proyek dalam jangka panjang. 

Kamu dapat melakukan aktivitas mulai dari perencanaan sumber daya hingga pembuatan rincian dana untuk proyek. Pengaturan sumber daya dan laporan keuangan dapat dikendalikan dengan fitur cost control. 

Selain itu, masih ada fitur lain dalam project management tools itu. Misalnya project planning yang dapat digunakan untuk merencanakan dan membagi job desk kepada sesama tim. 

15. Google Hangouts

Google Hangout adalah salah satu Project Management Tools
Sumber: LogoDix Logo

Google Hangouts bisa kamu pakai secara gratis melalui Google Chrome, android maupun iOS. Platform tersebut mempermudah kamu dalam melakukan panggilan suara maupun video dan mengirim pesan. 

Pesan dapat dikirim baik secara pribadi maupun melalui chat room di grup. Pada platform ini, pengguna juga bisa membagikan file kepada tim dan bisa melakukan konferensi video maksimal 10 orang. 

Setiap tools di atas sangat menunjang aktivitas kerja dan membuat kamu lebih mudah mengelolanya. Kamu wajib mengetahui apa saja project management tools, mengingat manfaatnya yang sangat banyak. 

Baca Juga: 12 Tools Product Management Terbaik, Manajer Wajib Tahu

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya