Digital Talent Accelerator

Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan Anda

Binar Academy
Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan Anda
Isi Halaman :

Transformasi digital memiliki banyak definisi, salah satunya adalah strategi bisnis yang merubah cara kerja lama dengan mengadopsi teknologi dan pola pikir modern untuk menciptakan peluang baru. 

Perlu diingat bahwa transformasi digital bukan hanya mengadopsi tools-tools digital yang banyak melibatkan tim IT, bukan hanya dengan merekrut tim developer dan software engineer yang masif, tetapi juga memperbarui cara kerja setiap lapisan perusahaan untuk memberikan produk dan layanan yang efisien pada konsumen.

Apa saja manfaat dan pentingnya transformasi digital? Simak selengkapnya di artikel ini untuk temukan layanan yang dapat membantu transformasi digital bisnis anda secara end-to-end.

Manfaat dan Pentingnya Transformasi Digital untuk Perusahaan

Ada banyak manfaat yang diperoleh perusahaan dari proses transformasi digital, berikut adalah manfaat yang paling banyak dirasakan oleh perusahaan yang berhasil mencapai tujuan transformasi digitalnya:

  1. Mengurangi Biaya & Meningkatkan Pemasukan 

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab mengapa perusahaan berlomba-lomba untuk memulai transformasi digital dilandasi karena biaya. Riset dari McKinsey menulis, perusahaan yang menerapkan transformasi digital dapat memotong cost dalam business process hingga 90%. 

Di sisi lain, transformasi digital juga menawarkan banyak kemudahan bagi produktivitas para pekerja maupun aksesibilitas bagi konsumen. Sehingga transformasi digital juga dapat meningkatkan revenue perusahaan, hal ini sejalan dengan 56% CEO yang mengatakan transformasi digital telah meningkatan profit pada perusahaan mereka.

  1. Sistem Operasional yang Lebih Efisien dan Cepat

Transformasi digital dapat menyederhanakan siklus atau prosedur yang panjang, sehingga sistem operasional dapat berjalan lebih cepat. Selain itu dengan mengadopsi teknologi pada alat-alat yang digunakan, cara kerja perusahaan juga dapat dikerjakan lebih efisien.

Penelitian dari PTC juga menyebutkan, menurut para eksekutif transformasi digital telah memberikan efisiensi operasional hingga 40%.

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Adopsi teknologi yang disertai dengan skill digital yang mumpuni dari karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sebuah rilis dari Forbes menyebutkan 76% dari survey 1000 karyawan mengatakan mereka lebih produktif ketika memiliki tools digital sebagai fasilitas dalam pekerjaan sehari-harinya. 

Selain dari segi tools, transformasi digital juga memfasilitasi perubahan akan cara kerja yang lebih mengedepankan kolaborasi antar divisi. Sehingga produktivitas karyawan tidak hanya meningkat karena tools, namun juga cara kerja yang kolaboratif untuk menciptakan inovasi yang lebih baik.

  1. Meningkatkan Customer Experience

Selain internal benefit yang sudah disebutkan, sebenarnya transformasi digital juga berdampak bagi konsumen dalam hal customer experience tentang bagaimana customer mendapat pengalaman belanja atau pengalaman penggunaan barang / jasa yang anda tawarkan.

Contoh peningkatan customer experience yang bisa anda kembangkan lewat transformasi digital adalah: peningkatan kualitas produk, peningkatan fitur yang lebih inovatif, pengiriman produk yang lebih cepat dan aman, kemudahan dalam layanan pesan antar, kemudahan calon client untuk menghubungi anda via website maupun aplikasi, dan lain sebagainya.

  1. Aksesibilitas Data

58% teknologi yang diadaptasi dalam transformasi digital adalah penggunaan Big Data. Hal ini menjadi adaptasi teknologi yang diutamakan karena dengan banyaknya tools digital dan sarana bagi konsumen untuk melakukan transaksi di dalam aplikasi atau website, akan memunculkan banyak sekali data mulai dari customer behaviour sampai pergerakan sales yang terekam dalam database perusahaan anda.

Sehingga anda dapat memiliki transparansi data yang lebih lengkap, tetapi juga kompleks. Dibutuhkan keahlian seperti Data Science, Data Analyst, Business Intelligence Analysis untuk dapat mengolah data-data tadi agar menjadi lebih mudah untuk diakses dalam menentukan keputusan dan strategi bisnis.

  1. Data-Driven Decision yang Lebih Akurat

Data yang lebih lengkap, lebih akurat, lebih kontekstual; dapat menginformasikan semua fungsi bisnis dan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Transformasi digital juga menawarkan pengambilan keputusan berbasis data yang lebih akurat, dari aksesibilitas data yang sudah dijelaskan di atas.

Salah satu cara berpikir yang perlu diadaptasi dalam transformasi digital adalah data-driven; seluruh keputusan, inisiatif, penyusunan target, dan cara kerja lainnya harus dilandasi oleh data. Hal ini diperlukan agar seluruh pekerjaan kita dapat diukur oleh metrik yang jelas dan dilandasi oleh historical data yang akurat, sehingga harapannya dapat mencapai business goal yang telah diekspektasikan.

Bagaimana Cara Memulai Transformasi Digital

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang signifikan dari transformasi digital, anda perlu roadmap dan sumber daya manusia yang mumpuni. Hanya 30% perusahaan yang mampu mencapai target transformasi digital, karena prosesnya akan membutuhkan investasi waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Konsultasikan kebutuhan dan concern perusahaan anda secara GRATIS dalam memulai transformasi digital pada BINAR for Business dalam Digital Transformation. Pastikan bahwa anda memulai transformasi digital dari garis start yang benar, serta milestone yang akurat. Digital Transformation dari BINAR akan membantu anda secara end-to-end dalam proses transformasi digital yang lebih efisien.

Tanyakan apapun pada representative BINAR for Business terkait kendala dan kondisi perusahaan anda di sini! GRATIS tanpa dipungut biaya.

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Transformasi Digital Lebih Terarah Bersama DTA BINAR

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Konsultasi gratis kebutuhan dan kondisi perusahaan anda untuk memulai transformasi digital
Coba Potensi QuizKonsultasi dengan DTA BINAR

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Mulai Transformasi Digital yang Strategis Bersama DTA BINAR

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Konsultasikan kebutuhan perusahaan anda secara GRATIS bersama DTA BINAR di sini
Coba Potensi QuizKonsultasi dengan DTA BINAR
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi