General

10 Kesalahan Saat Interview yang Wajib Dihindari Pencari Kerja

Binar Academy
10 Kesalahan Saat Interview yang Wajib Dihindari Pencari Kerja
Isi Halaman :

Binar Academy - Kesalahan saat interview atau wawancara banyak dilakukan oleh pencari kerja. Kamu juga sering melakukannya secara tidak sadar. Kesalahan yang kamu lakukan bisa berakibat fatal bahkan bisa kehilangan kesempatan untuk bekerja. 

Wawancara menjadi tahap seleksi yang penting untuk diperhatikan. Hal ini karena jawaban dari setiap pertanyaan akan mempengaruhi penilaian HRD. Jawablah setiap pertanyaan dengan tenang dan bijaksana. 

Manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan baik. Alasannya karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk dipanggil tes wawancara. Tes tersebut hanya diperuntukkan bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi. 

Persiapkan diri dengan baik jauh hari sebelumnya. Selain itu, kamu harus mencari banyak informasi tentang tips lolos seleksi. Dengan demikian, bisa meminimalisir melakukan kesalahan sehingga peluang diterima kerja semakin besar. 

10 Kesalahan Saat Interview

10 kesalahan saat interview kerja
Sumber: British Council Learn English

Banyak faktor yang membuat para pencari kerja gagal saat wawancara. Pastikan kamu tidak melakukan satu atau lebih kesalahan di bawah ini agar meningkatkan peluang untuk bekerja di perusahaan favorit.

1. Berpenampilan Seksi

Kamu harus memperhatikan penampilan saat menghadiri wawancara. Pastikan pakaian yang dikenakan sopan dan terlihat sangat rapi. Hal ini dikarenakan kamu tidak sedang mengikuti fashion show. 

Hindari memakai pakaian yang memberi kesan seksi, ramai dan transparan. Pilihlah pakaian yang belahan dadanya proporsional. Selain itu, hindari menggunakan make up secara berlebihan dan tebal.

Kesalahan saat interview lainnya adalah berpenampilan glamor. Contohnya adalah menggunakan gelang banyak sehingga saat bergerak muncul suara gemerincing dan lain-lain. 

2. Lupa Mematikan Smartphone

Pastikan sebelum masuk ke ruangan smartphone sudah dimatikan. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu proses wawancara. Apabila smartphone masih menyala maka khawatir ada telepon atau pesan masuk. 

Kondisi seperti itu sangat merugikan karena kamu akan dianggap kurang sopan. Selain itu, kamu akan dinilai kurang serius dalam mengikuti seleksi. Bunyi panggilan telepon masuk membuat konsentrasi terpecah. 

3. Terlambat Tiba di Lokasi Wawancara

Kesalahan saat interview ini bisa membuat penilaian buruk karena mencerminkan orang yang tidak disiplin dan kurang menghargai waktu. Kamu dinilai tidak dapat memperhitungkan waktu dengan baik dan bersikap cuek. 

Hal ini tidak boleh disepelekan dan harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berangkatlah lebih awal untuk mengantisipasi jika terjebak macet di jalan atau ada kendala lainnya. 

4. Menanyakan Gaji di Awal

Pewawancara sudah paham bahwa orang pindah kerja agar bisa mendapatkan penghasilan lebih baik. Oleh karena itu, jangan sampai kamu menanyakan gaji saat wawancara baru saja dimulai.

5. Memberikan Penilaian Buruk pada Perusahaan Lama

Kesalahan saat interview yaitu menjelek-jelekkan perusahaan lama. Pewawancara pasti akan menanyakan alasan mengapa ingin pindah kerja dan lain sebagainya. Kamu jangan sampai terjebak dengan pertanyaan ini. 

Hindari mengungkit kesalahan dari perusahaan atau bahkan mengungkapkan penilaian buruk terhadap mantan atasan. Hal ini karena kamu menunjukkan sikap kurang respek dan profesional. 

Baca Juga: 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

6. Tidak Menggunakan Tata Bahasa yang Baik dan Sopan

Kesalahan saat interview misalnya adalah kurang memperhatikan pemilihan bahasa. Jangan sampai kamu memakai bahasa gaul yang terlalu santai. Gunakanlah bahasa Indonesia agar terlihat lebih formal dan sopan. 

7. Mendominasi Ketika Wawancara Berlangsung

Para pencari kerja dilarang untuk mendominasi pembicaraan atau terlalu pasif. Pastikan setiap pertanyaan harus dijawab dengan jelas namun jangan sampai berlebihan agar tidak melebar kemana-mana. 

Begitu juga ketika mengajukan sebuah pertanyaan juga sewajarnya saja sehingga tidak terkesan mendominasi. Hal ini bertujuan agar tidak muncul anggapan sebagai orang yang mengutamakan bicara daripada bekerja.

8. Tidak Mengetahui Profil Perusahaan yang Dilamar

Kesalahan saat interview adalah tidak mencari informasi tentang perusahaan. Terkadang pertanyaan seputar perusahaan juga akan ditanyakan. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut. 

Semua itu perlu dipersiapkan sejak awal sehingga kamu tidak akan kebingungan jika sewaktu-waktu mendapatkan pertanyaan seputar perusahaan. Semakin banyak mengetahui informasi tentang perusahaan maka akan memberikan dampak positif. 

Hal ini karena kamu telah menunjukkan minat yang tinggi untuk bekerja di perusahaan. Pewawancara pasti senang jika menemukan calon karyawan seperti itu. 

9. Tidak Memanfaatkan Kesempatan Bertanya

Kesalahan saat interview yang fatal berikutnya adalah datang tanpa mempersiapkan pertanyaan. Setiap pewawancara pasti akan memberi kesempatan untuk bertanya. 

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah penilaian baik dari pewawancara. Oleh karena itu, pastikan kamu juga mempersiapkan minimal satu pertanyaan. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan daya tarik kamu terhadap perusahaan. Apabila kamu tidak bertanya maka akan dinilai sebagai orang pasif. Selain itu, menunjukkan sikap seolah kurang tertarik bekerja di sana. 

10. Tidak Mampu Mendeskripsikan Diri Sesuai dengan CV

Kamu harus memahami isi CV yang telah dikumpulkan ketika seleksi administrasi. Kesalahan saat interview yang umum dilakukan adalah lupa dengan informasi penting pada CV. 

Padahal di dalam CV banyak terdapat informasi penting untuk dijadikan sebagai bahan pertanyaan bagi pewawancara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempelajari isinya terlebih dahulu. 

Dengan demikian, jika pewawancara tiba-tiba menanyakan salah satu poin penting di CV, maka kamu bisa langsung menjawabnya dengan baik. Selain itu, harus bisa mendeskripsikan diri dengan baik.

Biasanya pewawancara akan mengecek kecocokan isi CV dengan menanyakan beberapa pertanyaan. Pastikan jawaban sesuai dengan CV. Oleh karena itu, jangan sampai apa yang diucapkan berbeda dengan data dalam CV. 

Apabila kamu melakukan salah satu kesalahan di atas, maka otomatis tidak akan lolos seleksi tahap ini. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik agar mencegah kamu melakukan kesalahan saat interview kerja.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya