General

6 Contoh Summary di LinkedIn dan Cara Membuatnya untuk Mahasiswa

Binar Academy
6 Contoh Summary di LinkedIn dan Cara Membuatnya untuk Mahasiswa
Isi Halaman :

Binar Academy - Ingin mulai untuk mencari pekerjaan ketahui contoh summary di LinkedIn. Khususnya bagi mahasiswa yang masih asing dengan media sosial untuk mengembangkan karir ini.

Summary sendiri merupakan ringkasan yang telah mencakup pengalaman kerja, kualifikasi yang kamu miliki sampai dengan informasi mengenai kepribadian kamu yang ingin ditunjukkan agar banyak yang tertarik untuk menengok profil kamu.

Summary juga berfungsi untuk memberikan kesan pada perekrut yang lebih detail dengan fokus memperhatikan hal-hal kecil. Summary juga bisa mencantumkan sebuah informasi terbaru untuk orang-orang yang melihatnya.

Cara Membuat LinkedIn Summary yang Powerful

cara membuat linkedin summary yang powerful
Sumber: 40gigCareers

Dalam sebuah summary agar terlihat lebih powerful kamu harus memasukkan mengenai pengalaman kerja, kualifikasi, hingga informasi seputar kepribadian. 

Ketiga hal ini harus dijelaskan dengan detail dan menarik sehingga bisa menarik perhatian pembaca. Berikut ini cara membuat contoh summary di LinkedIn yang powerfull yang sangat mudah.

Baca Juga: 6 Contoh Headline Linkedin dan Cara Membuatnya

1. Memberikan kesan pertama yang kuat

Pertama summary harus dibuat untuk memberikan kesan pertama yang kuat. Kesan pertama ini sangat mempengaruhi penilaian personal terhadap seseorang bahkan ketika seseorang menemukan bukti yang berbeda dengan apa yang telah dinilainya akan menimbulkan penyangkalan pada hal tersebut.

Jadi sangat penting untuk membuat kesan yang baik, terutama pada kalimat awal. Jadi kamu bisa membuatnya sesuai dengan minat dan juga bidang yang kamu geluti. Ceritakan juga beberapa hal unik dan juga motto hidup.

2. Mengumpulkan informasi mengenai diri sendiri

Selanjutnya contoh summary di linkedin harus masukkan beberapa informasi seperti pengalaman kerja, kualifikasi dan kepribadian yang menarik. Pengalam pekerjaan yang sudah dilakukan bukan hanya menyebutkan nama perusahaan dan juga jabatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Mencantumkan keahlian juga sangat penting baik itu hardskill dan juga soft skill. Terakhir memasukkan kepribadian yang unik, maksudnya kamu bisa menuliskan mengenai hal seperti ketertarikan terhadap isu sosial, politik atau juga sering untuk mengikuti acara diskusi pada sebuah komunitas.

3. Gaya bahasa

Gaya penyampaian atau gaya bahasa yang dipakai juga sangat penting, ada beberapa gaya yang bisa diterapkan dari mulai gaya bercerita atau bernarasi, membuat summary yang singkat namun jelas atau menggabungkan antara keduanya.

Biasanya untuk gaya bercerita apa menunjukan sisi soft skill dibandingkan hard skill. Cara bercerita juga sangat cocok untuk diterapkan bagi para fresh graduate atau mahasiswa yang belum memiliki banyak pengaman.

Daripada menuliskan pengalaman magang yang baru beberapa bulan lebih baik untuk menceritakan mengenai karakter dan keahlian kamu.

Sedangkan untuk gaya yang lebih tegas dan juga tuntas sangat cocok untuk kamu yang menyasar perusahaan yang tergolong konservatif. Misalnya melamar untuk menjadi seorang pengacara yang mengharukan kamu untuk berbicara secara efektif dan juga efisien.

3 Contoh Summary di LinkedIn untuk Mahasiswa

contoh summary di linkedin untuk mahasiswa
Sumber: Pinterest

Masih belum terbayang bagaimana isi dari summary yang baik dan benar. Kamu harus lebih banyak untuk mengintip dan mencontoh bagaimana jenis ringkasan yang akan banyak dilirik oleh banyak orang. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa, berikut ini beberapa contoh summary yang bisa kamu contoh.

1. Untuk mahasiswa marketing dan finance

Biasanya pada dunia keuangan, yang terpenting adalah membicarakan tentang barang yang akan dipasarkan. Termasuk contoh summary di LinkedIn yang akan fokus untuk memperkenalkan latar belakang diri kamu sendiri.

“saya mahasiswa universitas di Jakarta yang sedang menjalani program bekerja magang Perusahaan di Bandung bidang keuangan. Saya juga sudah mengubah fokus pendidikan menjadi analisis keuangan dan solusi bisnis.

Bekerja dalam kelompok yang kolaboratif adalah keunggulan saya, terutama saat memecahkan masalah keuangan. Saya berasal dari Bandung dan Jakarta adalah tempat tinggal saya saat ini.

Rencana saya lima tahun kedepan menjadi seorang penasihat untuk klien terkenal di ibukota, pendidik yang saya tempuh di Universitas A telah mempersiapkan saya untuk menjalani karir dalam dunia keuangan dengan sukses”

2. Untuk Mahasiswa Teknik

Sedangkan untuk para mahasiswa teknik dan program bisa menulis contoh summary di LinkedIn dengan baik. Biasanya orang-orang yang menggeluti bidang teknik mesin akan menghargai seseorang yang bisa berkomunikasi dengan baik.

“saya bisa memecahkan masalah dengan baik dan kreatif. Di Yogyakarta saya merupakan mahasiswa dari Universitas X dan sudah menyelesaikan pendidikan tahun ini. selama menuntut ilmu, saya telah mendapatkan pembelajaran mengenai pentingnya penerapan strategi klasik pada proyek modern.

Konsentrasi pada teknik mesin dan listrik memberikan pengetahuan luas mengenai konsep teknik dan juga berpartisipasi dalam beberapa prosedur paten yang dikerjakan secara kolaboratif dalam sebuah tim.

Pengalaman di perusahaan B selama masa magang tahun lalu mengajari saya mengenai konsep teknik mesin ke sistem otomatis. Serta industri pertahanan dan minyak semangat untuk inovasi.”

3. Untuk mahasiswa pendidikan

Bagi kamu mahasiswa pendidikan bisa juga untuk mencari lowongan pekerjaan di LinkedIn. Berikut ini contoh summary di LinkedIn yang bisa kamu terapkan.

“saya pernah mengikuti program mengajar untuk para siswa SD, sejak saat itu ketertarikan saya untuk jadi pengajar yang baik untuk para siswanya.

Saya telah menghabiskan ribuan jam pelajaran di kelas, terutama saat bekerja dengan anak kecil yang sedang mengembangkan keterampilan yang penting. Saat ini setelah menyelesaikan tahun terakhir di universitas Y, saya mendaftar pada beberapa program magister untuk mempelajari perkembangan anak dan praktik terbaik di kelas.

Saat menjadi guru SD, saya harap bisa menginspirasi siswa-siswa saya dan membuat mereka menjadi merasa hebat dan bang terhadap diri mereka sendiri.”

3 Contoh LinkedIn Summary Jobseekers

contoh linkedin summary untuk jobseeker
Sumber: Dooozen

Jika kamu seorang pencari lowongan kerja dan ingin mendapatkan contoh summary di LinkedIn, berikut ini contoh yang bisa diterapkan.

1. Pertama

Sebagai seseorang yang aktif pada dunia digital marketing, saya telah membuat konsep sebuah kampanye tentang pemasaran dan pemanfaatan platform digital untuk pemasaran. Saya mampu untuk meningkatkan nilai dari sebuah produk website perusahaan dalam search engine.

Cara yang sama juga bisa diterapkan untuk meningkatkan brand awareness, sehingga perusahaan dapat maju dan berkembang dengan baik. Penggunaan digital marketing ini saya gunakan dan efektif dalam membantu masyarakat untuk bisa mencapai target produk serta perusahaan tertentu.

2. Contoh Summary di LinkedIn Kedua

Saya adalah lulusan jurusan ilmu komunikasi yang memiliki pengalaman sebagai ketua himpunan dan berkontribusi di organisasi jurnalistik kampus. Awal mula ketertarikan saya terhadap dunia jurnalistik saat saya memasuki kuliah dan mempelajari ilmu mengenai jurnalistik.

Saya pernah bekerja magang di media jurnalis nasional selama tiga bulan, melalui pengalaman ini pelajaran yang saya dapatkan adalah cara yang tepat untuk melihat sebuah isu sosial lebih terbuka dan juga lebih adil sehingga berita yang disampaikan tidak memihak dan tetap bersifat netral.

3. Contoh Summary di LinkedIn yang Ketiga

Prinsip untuk tidak memberikan batasan terhadap diri saya sendiri sudah diterapkan sejak di bangku SMA. Ilmu pemerintahan yang saya dalami di kampus membuat saya lebih memahami mengenai sebuah prinsip yang sudah dipegang teguh.

Selama lima tahun sejak pertama berkarir di bidang ini saya juga telah menjalankan berbagai macam proyek untuk bantu masyarakat untuk dapatkan hak mereka. Termasuk kepada kasus sengketa lahan dengan pemerintah.

Berikut itu merupakan contoh-contoh yang dapat dijadikan inspirasi saat akan menulis ringkasan profil di LinkedIn. Yang terpenting contoh summary di LinkedIn ini harus dibuat dengan gaya bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.

Baca Juga: Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Benar

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya