General

Contoh Motivation Letter

Binar Academy
Contoh Motivation Letter
Isi Halaman :

Binar Academy - Motivation letter kerap dijadikan sebagai salah satu persyaratan mendaftar beasiswa, melamar pekerjaan, atau pendaftaran magang. Hal inilah yang membuat banyak orang mencari contoh motivation letter.

Kalau kamu juga sedang mencari contoh tersebut, datang ke artikel ini adalah pilihan yang tepat. Kamu akan mendapatkan beberapa contoh atau inspirasi untuk membuat motivation letter milikmu sendiri. 

Apa Itu Motivation Letter?

apa itu motivation letter
Sumber: Unsplash

Motivation letter merupakan essay atau tulisan bebas yang dibuat seseorang orang menceritakan bagaimana latar belakangnya, tujuan hidup yang ingin dicapai, potensi diri, serta motivasi apa yang membuat seseorang tersebut melamar pekerjaan, magang, atau mendaftar beasiswa. 

Motivation letter juga memiliki beberapa nama lain atau sinonim, antara lain personal statement, letter of intent, statement of purpose, dan motivation statement. Kalau mendapati istilah tersebut dalam salah satu syarat pendaftaran, artinya kamu diminta untuk membuat motivation letter.

Umumnya, motivation letter ditulis dengan cukup singkat, kurang dari 500 kata. Struktur isinya kurang lebih seperti ini.

  1. Diawali dengan penjelasan singkat tentang diri penulis. Setidaknya sebutkan identitas singkat kamu.
  2. Selanjutnya cantumkan latar belakang pendidikan secara singkat namun jelas.
  3. Jika pernah meraih prestasi seperti menang lomba atau punya pengalaman magang dan kerja, jelaskan setalah menceritakan latar belakang pendidikan.
  4. Highlight kompetensi atau skill yang kamu miliki, baik hard maupun soft skill. Jangan berlebihan, sampaikan saja dengan jujur.
  5. Masuk ke bagian inti, sampaikan motivasi terbesar yang membuat kamu mendaftar program (beasiswa, magang, atau melamar kerja).
  6. Khusus untuk motivation letter pendaftaran beasiswa, sampaikan dan jelaskan juga mengenai bidang keilmuan atau mata kuliah yang paling menarik bagimu.
  7. Berikan alasan yang kuat kepada perekrut atau pelaksana program kenapa kamu layak untuk dipilih.
  8. Sebagai penutup, berikan penjelasan mengenai planing kamu di masa mendatang jika berhasil lolos di program ini.

Baca Juga: 15 Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

Contoh Motivation Letter

Motivation dapat kamu tulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Sesuaikan saja dengan instansi tempat kamu mendaftar dan persyaratan yang diberikan. Berikut ini beberapa contoh penulisan motivation letter yang dapat kamu pelajari.

Untuk Mendaftar Program Beasiswa

Yang Terhormat, 

Panitia Seleksi Beasiswa Peduli Kasih

Saya Siti Nurjanah, lahir dari pasangan buruh tani dengan penghasilan yang tidak pernah bisa dipastikan. Ayah dan ibu selalu bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan saya dan adik perempuan saya yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar. 

Dibesarkan dengan penuh kesederhanaan dan keterbatasan membuat saya memiliki motivasi sangat besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, saya memilih untuk menempuh studi S1 di UIN Walisongo, Semarang tepatnya di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Saat ini saya sudah memasuki semester 3 dan saya tidak hanya fokus pada akademik semasa kuliah. Saya aktif di beberapa organisasi intra kampus yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa UIN Walisongo menjabat sebagai staf di Departemen Komunikasi dan Informasi.

Selain itu, saya juga aktif di organisasi eksternal kampus bernama  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai anggota Bidang Pengaderan dan Pengembangan Wacana. Di kedua organisasi tersebut saya mempelajari cara untuk berkomunikasi dan memperluas relasi.

Setelah lulus nanti, saya bercita-cita untuk membangun sebuah lembaga pendidikan atau sekolah khusus untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Saya ingin membantu anak-anak tersebut agar tidak terkungkung oleh keterbatasan ekonomi dan mendapatkan pendidikan yang layak. 

Tak ingin membebani orang tua, saya memilih untuk tinggal di Pondok Pesantren Al Falah yang menggratiskan biaya untuk santri penghafal Al Quran. Namun orang tua masih harus menanggung biaya pendidikan saya setiap semester. 

Oleh sebab itu, besar harapan saya untuk mendapatkan beasiswa dari Yayasan Peduli Kasih. Saya sampaikan terima kasih atas waktu yang telah Bapak/Ibu luangkan untuk membaca motivation letter ini.

Hormat saya.

Siti Nurjanah

Untuk Melamar Pekerjaan

Bapak Heri Susanto yang terhormat.

Perkenalkan, saya Aldo Taher, seorang Full Stack Developer lulusan Telkom University tahun 2020. Motivation letter ini saya tulis sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan sebagai Junior Full Stack Developer di PT Mari Maju Bersama.

Saya memberanikan diri untuk melamar posisi tersebut karena sesuai dengan skill yang saya miliki. Di samping itu, saya juga kagum akan perkembangan PT Mari Maju Bersama sejak masih berstatus perusahaan startup hingga menjadi decacorn seperti saat ini.

Saya berkeyakinan bahwa skill yang saya miliki sangat dibutuhkan perusahaan ini. Ada pun skill yang saya kuasai antara lain NodeJS, PHP, Javascript, dan beberapa framework seperti Yii dan Laravel. Saya juga memiliki kemampuan analisis dan problem solving yang baik.

Dengan bekal skill atau keterampilan yang saya sebutkan di atas, saya berharap ada kesempatan untuk bergabung di PT Mari Maju Bersama. Atas waktu yang telah Bapak luangkan untuk memeriksa lamaran ini, saya sampaikan terima kasih.

Dengan hormat,

Aldo Taher

Untuk Mendaftar Magang

Yth. Manajer HRD

PT Dimana Mana Hatiku Senang

Dengan hormat,

Saya Santika, mahasiswa Strata 1 jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Di semester 7, mahasiswa harus mengikuti program magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL). Oleh sebab itu, saya mengirimkan motivation letter ini untuk dapat magang di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya merasa tertarik dengan visi dan misi yang dimiliki oleh PT Dimana Mana Hatiku Senang. Saya yakin magang di perusahaan ini karena latar belakang pendidikan saya yang sesuai dengan visi dan misi tersebut.

Ilmu yang saya dapatkan selama 6 semester berkuliah di Jurusan Teknik Mesin ITS akan sangat cocok diaplikasikan di PT Dimana Mana Hatiku Senang. Ada pun keahlian yang sudah saya pelajari antara lain perancangan mesin dan konversi energi.

Saya berharap PT Dimana Mana Hatiku Senang bersedia menerima saya sehingga ilmu yang saya pelajari selama perkuliahan dapat diaplikasikan di dunia industri. 

Sekian motivation letter ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan ucapan terima kasih.

Hormat saya,

Santika

Contoh motivation letter yang disampaikan di atas merupakan versi singkat. Sebaiknya maksimalkan penjelasan mengenai diri kamu untuk membuat panitia seleksi atau recruiter tertarik dengan kamu. Namun harus diingat, jangan sampaikan hal-hal yang tidak sesuai fakta di motivation letter.

Baca Juga: Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Benar

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya