Digital Talent Accelerator

Cara Menerapkan Agile Leadership dalam Perusahaan

Binar Academy
Cara Menerapkan Agile Leadership dalam Perusahaan
Isi Halaman :

Binar Academy — Perkembangan di masa sekarang menghadirkan berbagai tantangan baru bagi semua orang, tak terkecuali pengusaha. Dengan perubahan yang terjadi, perusahaan harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan kenyataan yang ada di depan mata. 

Penyesuaian dilakukan agar perusahaan dapat bertahan dengan baik di masa mendatang. Untuk itu, perusahaan membutuhkan pemimpin yang dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Pemimpin merupakan seseorang yang berpengaruh bagi kemajuan perusahaan dan perlu menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi dari masa ke masa.

Dalam situasi saat ini, gaya kepemimpinan agile leadership sangat sesuai untuk setiap organisasi. Mari ketahui apa itu agile leadership.

Apa Itu Agile Leadership?

apa itu agile leadership
Sumber: The Uncommon League

Agile leadership merupakan salah satu gaya dalam memimpin sebuah organisasi atau perusahaan, yang mampu mengarahkan anggota supaya bisa bergerak secara cekatan, menghasilkan, dan dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi situasi apapun. 

Pemimpin yang menerapkan agile leadership akan memikirkan solusi masalah yang terjadi dalam jangka waktu yang pendek, hingga jangka panjang. Model kepemimpinan agile leadership dikatakan dapat menghasilkan perubahan untuk kesuksesan perusahaan.

Disebutkan pada laporan Project Management Institute (2017), bahwa ada sebanyak 92% eksekutif senior yang memberikan pernyataan terkait agility di suatu organisasi menjadi hal pokok dalam sebuah bisnis.

Apa yang Membedakan Agile Leadership dengan Kepemimpinan Biasa?

yang membedakan agile leadership dengan kepemimpinan biasa
Sumber: agilityIRL

Walaupun sama-sama memimpin, konsep agile leadership cukup berbeda dengan kepemimpinan yang biasa ada dalam perusahaan. 

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari kepemimpinan biasa yang memilih untuk membuat berbagai kemungkinan dan membuat rencana dalam jangka panjang. Seorang agile leadership akan lebih memfokuskan diri pada penentuan, cara mencapai, dan membuat strategi untuk sampai ke tujuan perusahaan.

Seorang agile leadership akan membimbing anggota supaya bisa bekerja sendiri, dibandingkan mengambil alih kontrol terkait pekerjaan yang harus diselesaikan. 

Pemimpin yang agile juga lebih aktif dalam mencari informasi, dan memilih untuk beranjak ke sumber dengan segudang informasi, dibandingkan harus menunggu informasi tersebut dari laporan yang diberikan oleh anggotanya.

Baca Juga: 8 Prinsip Etika Kepemipinan untuk Pengusaha yang Sukses

4 Karakteristik yang Dibutuhkan dalam Agile Leadership

karakteristik yang dibutuhkan dalam agile leadership
Sumber: Mareketing91

Seorang pemimpin biasanya memiliki karakteristik tersendiri. Untuk model agile leadership, kriteria yang harus dimiliki adalah sebagai berikut:

1. Mampu Bersikap Tenang dalam Menghadapi Perubahan

Dalam hidup, kita akan selalu dihadapkan dengan perubahan-perubahan, baik dalam hal positif maupun negatif. Seorang agile leadership akan menghadapi berbagai situasi dengan sikap yang tenang, serta tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. 

Dengan begitu, para anggota yang ada di bawah pimpinannya akan ikut merasakan ketenangan, dan pemimpin beserta anggotanya pun dapat menentukan keputusan yang benar di situasi yang menegangkan.

2. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki agile leadership, untuk melahirkan berbagai inovasi ketika dihadapkan dengan tekanan yang disebabkan oleh perubahan. Agile leadership akan menggunakan kreativitas yang dimilikinya untuk dapat mempertahankan perusahaan supaya tidak hancur.

3. Menjadikan Pengalaman sebagai Pembelajaran

Setiap pengalaman yang telah dilalui, akan dijadikan pembelajaran dan sarana evaluasi diri oleh seorang agile leadership. Bukan hanya pengalaman yang dialaminya secara pribadi, namun pelajaran dari pengalaman-pengalaman yang dialami orang di sekitarnya. 

Pengalaman yang buruk tidak akan memengaruhi dan menjatuhkan seorang agile leadership, melainkan dijadikan sebuah pondasi untuk terus berkembang dengan mencari tahu letak kekurangan di pengalaman yang sebelumnya.

4. Bisa Memotivasi Anggota

Agile leadership yang baik, tidak akan membiarkan dirinya sendiri yang berkembang. Tapi juga memberikan kesempatan kepada para anggotanya supaya bisa berkembang bersama dan memajukan perusahaan. 

Cara Menerapkan Agile Leadership dalam Perusahaan

cara menerapkan agile leadership dalam perusahaan
Sumber: rethink.agile

Hal terpenting ketika hendak menerapkan agile leadership dalam perusahaan yaitu dengan mempunyai seorang pemimpin dengan pola pikir agile, contohnya menghargai anggota yang dipimpinnya, meningkatkan pola pembelajaran, dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi.

Tidak berhenti sampai di sini saja, untuk menerapkan agile leadership dalam kepemimpinan di perusahaan bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Membentuk Agile Culture

Cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan agile leadership yaitu dengan mempelajari lebih dalam terkait nilai-nilai yang kuat dalam kepemimpinan, menanamkan self organise ke anggota, dan membuka telinga untuk setiap saran yang diberikan.

2. Membuat Strategi dan Menanamkan “Sense of Belonging” Anggota Tim

Pemimpin dengan anggota merupakan satu kesatuan yang mempunyai tujuan sama dalam kesuksesan perusahaan. Untuk itu, agile leadership bisa memulai untuk menanamkan sense of belonging pada anggota tim, agar tumbuh rasa saling memiliki dalam keseluruhan anggota tim dengan pemimpinnya. 

Hal ini bisa dimulai dari memberikan kesempatan yang sama pada seluruh anggota untuk mempercayai dan mendukung anggota ketika menentukan keputusan.

Agile leadership tentu harus bisa memilih anggota yang bisa diajak untuk kerjasama dalam memajukan perusahaan ketika situasi sedang tidak baik-baik saja. Karena itu, agile leadership bisa mempercayai Binar dalam melatih anggota tim agar kemampuannya bisa lebih terukur.

Program Digital Talent Accelerator dari Binar Academy bisa dimanfaatkan sebagai wadah bagi anggota perusahaan untuk mengasah kemampuan dan melatih diri supaya lebih cekatan dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Perbedaan Leader dan Manager, Apa Saja?

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Mulai Transformasi Digital dari Aset yang Paling Berharga: Karyawan

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Upskilling karyawan bersama BINAR DTA untuk transformasi digital perusahaan Anda
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Konsultasikan kebutuhan perusahaan anda dalam transformasi digital bersama DTA BINAR

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Upskilling karyawan bersama BINAR DTA untuk transformasi digital perusahaan Anda
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya