General

7 Tahapan Cara Membuat Mind Mapping Mudah dan Efektif

Binar Academy
7 Tahapan Cara Membuat Mind Mapping Mudah dan Efektif
Isi Halaman :

Binar Academy - Cara membuat mind mapping perlu diketahui dengan baik agar kamu bisa mengelompokkan beberapa pemikiran untuk dapat menemukan ide baru. Mind mapping digambarkan sebagai kerangka terstruktur sehingga dapat membantu kamu untuk mengingat dan menganalisis sebuah masalah.

Bisa dikatakan juga bahwa mind mapping adalah proses pemindahan pemikiran yang ada di otak ke dalam sebuah gambar dan tulisan. Dengan membuat mind mapping kamu bisa merumuskan konsep yang lebih mudah untuk dipahami.

Fungsi Pembuatan Mind Mapping

fungsi pembuatan mind mapping
Sumber : BluecoatWullatonAcademy

Cara membuat mind mapping perlu dipelajari agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan memahami tujuan serta pentingnya peranan mind mapping, kamu bisa lebih fokus untuk membuatnya. 

Mind mapping dapat membantu kamu untuk menguraikan tema besar dengan lebih menyeluruh dan mudah. Dengan begitu ide yang ingin dikembangkan bisa sesuai dengan topiknya. 

Hal tersebut memudahkan semua orang yang mempelajari secara menyeluruh mind mapping tersebut. Berikut beberapa fungsi pembuatan mind mapping.

1. Meningkatkan Produktivitas

Untuk dapat mempelajari informasi baru tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun, adanya mind mapping dapat mempermudah hak tersebut. Mind mapping dihadirkan dalam bentuk visualisasi yang menawan sehingga lebih mudah dipahami. 

Dengan begitu kamu bisa mengetahui tujuan serta tugas yang ada didalamnya. Hal tersebut memindahkan kamu untuk mengatur waktu bekerja dengan lebih efektif. Proses ini tentunya dapat mendukung kamu untuk dapat semakin produktif.

2. Memudahkan Proses Pembelajaran

Fungsi utama dari mind mapping adalah untuk membantu proses pembelajaran agar lebih mudah dipahami. 

Mind mapping berfokus terhadap informasi yang diberikan. Sehingga kamu bisa memanfaatkan mind mapping untuk dapat menghubungkan berbagai informasi dengan tema utamanya. 

Dengan begitu proses belajar akan berjalan secara lebih mudah, tidak membosankan, dan cepat. Kamu bisa langsung berfokus terhadap tema serta cabang yang dijabarkan pada mind mapping.

3. Meningkatkan Pemahaman

Mind mapping sangat penting untuk proses pembelajaran, karena mampu meningkatkan pemahaman. Dalam hal ini, pembiasan tentang tema utama hingga sub topiknya dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. 

Informasi yang dihadirkan bisa langsung dipahkamu

ami, karena mind mapping umumnya sudah dilengkapi dengan catatan kecil yang dapat berperan sebagai panduan.

4. Mengasah Kreativitas

Gambar bercabang dengan visualisasi yang menarik membuat kamu bisa memahami informasi didalamnya dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kreativitas dengan membuat mind mapping. 

Hal tersebut terjadi karena dalam proses pembuatan, kamu harus menambahkan simbol, gambar serta warna yang menarik agar mudah dipahami. 

Dengan begitu informasi bisa tersampaikan dengan lebih jelas. Proses ini mampu merangsang kinerja otak kanan sehingga dapat berfungsi sebagai sarana mengasah kreativitas.

Baca Juga : Pengerian Six Thinking Hats

Panduan Cara Membuat Mind Mapping

panduan cara membuat mind mapping
Sumber : Youtube

Mind mapping memiliki berbagai manfaat, untuk itu kamu harus membuatnya dengan baik. Kamu perlu menemukan ide sehingga dapat menghubungkan pemikiran dengan masalah yang ingin diselesaikan. 

Bagi kamu yang belum memahaminya, silahkan simak panduan cara membuat mind mapping berikut ini.

1. Topik Utama

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk dapat membuat mind mapping adalah menentukan topik utama yang akan digunakan. Topik tersebut dapat berasal dari masalah yang ingin diselesaikan, maupun faktor lainnya. 

Umumnya dengan menetapkan topik utama, kamu akan mendapatkan kata kunci yang akan digunakan sebagai fokus pemikiran. Kata kunci biasanya terdiri dari 1-3 kata. Kamu bisa mengawali pemilihan topik dalam arti yang luas, contohnya komunikasi dan lainnya.

2. Buat Cabang Berdasarkan Topik Utama

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat cabang dari topik utama. Kamu perlu mencari beberapa ide yang memiliki kaitan erat dengan topik utama. Jadikan ide tersebut sebagai cabang pertama dari topik. 

Misalnya kamu menggunakan topik komunikasi, maka cabangnya bisa terdiri dari verbal dan nonverbal. Kamu bisa membuat cabang dengan melakukan identifikasi terhadap jenis atau bagian lain yang berkaitan dengan topik utama.

3. Uraikan Cabang Utama Dalam Beberapa Sub Topik

Setelah mendapatkan ide untuk cabang utama, cara membuat mind mapping untuk belajar yang harus diterapkan adalah menguraikannya ke dalam beberapa sub topik. 

Kamu bisa menentukan beberapa ide yang memiliki ruang lingkup lebih kecil. Sehingga bisa dijadikan sebagai ranting dari cabang utama.

4. Buat Garis Untuk Menghubungkan Ide

Ketika sudah menentukan beberapa sub topik, kamu bisa menggunakan garis untuk menghubungkannya. Dengan menggunakan komponen garis, kamu bisa semakin mudah untuk membaca dan memahami isi mind mapping yang dibuat. 

Kamu bisa menggambar garis mulai dari topik utama hingga sub topik yang paling spesifik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman melalui gambar.

5. Gunakan Kode Warna Penghubung Pada Setiap Sub Topik

Cara membuat mind mapping yang bagus adalah dengan menambahkan kode warna. Untuk dapat memahami setiap ide yang terdapat pada sub topik, kamu bisa menggunakan kode warna pada bagian garis penghubung atau gambar. 

Dengan begitu alur pengelompokan dapat terlihat lebih jelas sehingga mudah dipahami. Kamu bisa menentukan sendiri warna apa yang digunakan. Pilihlah beberapa warna sesuai dengan sub topik yang digunakan agar lebih identik dan mudah dibaca.

6. Kembangkan Sub Topik

Ketika menjabarkan sub topik, kamu mungkin akan menemukan berbagai ide yang saling berhubungan. Namun kamu perlu memilihnya lagi dengan baik. Mind mapping yang efektif harus memiliki ide yang memiliki kaitan erat dengan sub topik. 

Meskipun memiliki banyak ide, kamu bisa memilih beberapa diantaranya yang paling berkaitan dengan sub topik. 

Hal tersebut dibutuhkan untuk mencegah kamu memasukan ide yang tidak dibutuhkan. Pilihlah ide yang paling relevan sehingga alurnya dapat terbaca dan bisa membuat mind mapping yang benar.

7. Tambahkan Catatan

Mind mapping bisa saja dibuat dengan banyak cabang. Agar tidak lupa dengan setiap ide, kamu bisa memberikan catatan kecil. 

Bukan hanya sebagai pengingat, namun catatan tersebut dapat menjadi sebuah keterangan ide yang dianggap sulit atau cukup kompleks. Dengan begitu Anda bisa mengingatnya dengan baik.

Dengan memperhatikan cara membuat mind mapping, kamu bisa menyusun pemikiran dengan lebih terstruktur. Hal ini dapat membantu kamu untuk menemukan solusi atau ide baru yang dapat memecahkan masalah.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Critical Thinking dan Manfaatnya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya