Data

Bahasa Pemrograman R: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Binar Academy
Bahasa Pemrograman R: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
Isi Halaman :

Binar Academy - Bahasa pemrograman R cakupan di dalamnya sangat luas. Bagi orang awam mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara yang efektif untuk mulai mempelajarinya. Fungsi dan implementasinya juga semakin luas. 

Hal ini dikarenakan saat ini tidak hanya developer dan programmer saja yang dituntut mahir menggunakannya. Namun, profesi lain seperti ahli statistik, data scientist juga membutuhkannya. 

Setelah kamu mengetahui arti pentingnya dalam dunia kerja maka pasti akan tertarik untuk memperdalam ilmu tersebut. Tanpa disadari seorang data analyst juga sudah sering memakainya.

Banyak lembaga kursus yang memasukkannya dalam kurikulum pembelajaran, mengingat fungsinya yang sangat penting. Rasa penasaran kamu akan terjawab jika menyimak detail informasi mengenai implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Bahasa Pemrograman R

Sumber: Best Training Institute of Tambaram

Bagi pemula yang masih dalam tahap belajar pemrograman maka sangat direkomendasikan untuk memilih R. Apabila telah menguasai ilmu tersebut maka mudah untuk melakukan analisis maupun mengolah data. 

Ditambah lagi tool tersebut bersifat open source, artinya siapa saja bisa menggunakannya secara gratis. Bahkan, kamu juga dapat melakukan modifikasi sehingga turut berpartisipasi untuk mengembangkannya.

Berbeda dengan SPSS, SAS dan Minitab yang harus membayar terlebih dahulu agar dapat mengantongi izin penggunaan software. Bahasa pemrograman R juga lebih fleksibel jika dibandingkan jenis software lainnya. 

Kamu telah membuat keputusan yang tepat jika memilihnya untuk berbagai keperluan di perusahaan maupun organisasi. Kamu bisa menginstall di Mac OS X, sistem operasi windows maupun Linux. 

Cara menginstalnya harus mendownload software tersebut lewat server LIPI atau bisa juga BPPT. Apabila software sudah terpasang, jangan lupa untuk menambahkan package. Jumlahnya banyak dan dapat diakses secara gratis. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Coding? Simak Pembahasan Selengkapnya

Fungsi Bahasa Pemrograman R

fungsi bahasa pemrogramman r
Sumber: Earn&Excel

Kamu harus memahami apa saja fungsinya di dunia kerja. Para peneliti, pegawai perusahaan maupun akademisi sering menggunakannya untuk mengolah data penting. Namun, perlu diketahui bahwa fungsinya tidak hanya itu saja.

Contohnya pada bidang manajemen dipakai ketika melakukan observasi penyusunan maupun penggabungan data. Para ahli statistik juga banyak memanfaatkannya untuk menunjukkan means, standar deviasi dan medians. 

Bidang lain yang juga menerapkannya yaitu ekonomi. Misalnya ketika menyajikan analisis data dalam bentuk histogram. R juga berfungsi menghasilkan distributional tests, mean test dan association test. 

Contoh Implementasi Bahasa Pemrograman R

contoh implementasi bahasa pemrograman r
Sumber: JurnalDev

R termasuk bahasa yang paling populer karena banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Contohnya antara lain Facebook, ORBITZ, AirBnb, Microsoft, IBM, Google, Uber dan lain-lain.

Facebook menggunakannya untuk keperluan analisis perilaku user. Berbeda dengan Google yang lebih fokus untuk mengevaluasi efektivitas iklan dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Secara umum, perusahaan tersebut menggunakannya ketika melakukan analisis cross selling. Nantinya, hasil dari analisis tersebut bisa digunakan untuk memberikan penawaran produk terbaik sesuai rutinitas konsumen saat berbelanja. 

Misalnya membangun machine learning yang dilakukan para data scientist, lalu mengolah data dalam jumlah besar. Selain itu, menyajikan model statistik yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Bahasa pemrograman R juga bisa diaplikasikan untuk berbagai macam keperluan. Keberadaannya sangat populer karena memiliki package yang terus diperbarui sesuai perkembangan teknologi. 

Jumlah packagenya ada 12 ribu lebih dan kedepannya terus mengalami penambahan. Salah satu keuntungannya adalah bisa diaplikasikan untuk web maupun robotol. Ditambah lagi fitur-fitur yang ditawarkan juga banyak.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fungsi statistik dan sintaks. Semua tools yang tersedia membantu kamu dalam melakukan uji statistik dan berbagai analisis data lainnya. Lalu, ada GUI atau Graphic User Interface. 

Salah satu contohnya adalah RStudio yang bersifat user friendly. Komponen di dalamnya mencakup console, graphical output dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga beberapa tools pendukung kegiatan pengolahan data. 

Adanya RStudio itu membantu kamu saat membuat laporan secara otomatis dalam berbagai format baik pdf maupun word. Hal ini dapat terjadi karena tersedia banyak pilihan package. 

Pentingnya Mempelajari Bahasa Pemrograman R Dalam Data Science

pentingnya mempelajari pemrograman r dalam data science
Sumber: Big Data Thailand

Pada mulanya dibuat untuk keperluan analisis dalam bidang ilmu statistik saja. Bahkan, sampai saat ini masih banyak dipakai oleh mayoritas ahli statistik. Misalnya pada saat pembuatan model statistik kompleks. 

Pada umumnya diaplikasikan pada bidang akademik. Oleh karena itu, bagi yang memiliki keinginan kerja di bidang tersebut maka wajib memahami pemrograman ini. Tujuannya agar pekerjaan menjadi lebih mudah. 

Banyak perusahan besar yang memberikan syarat pelamar data scientist harus menguasai bahasa tersebut. Prakteknya pemrograman tersebut tidak hanya diaplikasikan pada perusahaan teknologi saja.

Saat ini bank, perusahaan konsultan, berbagai lembaga keuangan dan akademik banyak juga memanfaatkannya. Alasannya karena banyak packages yang dapat kamu pilih untuk mendukung data science. 

Contohnya seperti data.table, plyr dan dplyr. Semua package dalam bahasa pemrograman R mempermudah untuk manipulasi data. Sedangkan, untuk keperluan visualisasi data maka bisa memanfaatkan packages seperti lattice, ggvis atau ggplot2. 

Semua packages itu mudah dioperasikan oleh user. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah melakukan adaptasi saat belajar tentang bahasa pemrograman itu. 

Dengan demikian, bisa menghasilkan visualisasi yang sangat menarik. Misalnya saat memerlukan sebuah grafik maka bisa memanfaatkan ggplot2. Lalu, jika ingin menampilkannya di web browser maka gunakan ggvis. 

Pertumbuhannya termasuk paling cepat di seluruh dunia. Hal ini terwujud karena adanya dukungan dari komunitas besar seperti Stack Overflow. Apabila pengguna mengalami masalah bisa langsung memanfaatkan komunitas tersebut. 

Contohnya ada masalah yang berhubungan dengan kode pada R. Kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai wadah untuk memperdalam ilmu dan memperbanyak jumlah portofolio.

Banyak pekerjaan yang membutuhkan bahasa pemrograman seperti itu. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mempelajari bahasa pemrograman R untuk menunjang aktivitas kerja di kantor. 

Baca Juga: Belajar Bahasa Pemrograman dari Awal Tanpa Background IT

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya