App Permission Android, Pahami Konsepnya Yuk!

Mobile Development

Binar Academy – Android pada dasarnya tidak mempunyai permission pada setiap fiturnya. Namun dalam penggunaan beberapa fitur tertentu diperlukan permission dari pengguna. Ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan dari aplikasi tersebut. Contohnya diperlukan akses terhadap kamera, kemudian akses untuk mengirim atau menerima sms ataupun melakukan pembacaan kontak yang dimiliki oleh pengguna. Lantas apa sebenarnya pengertian dari app permission pada Android?

Pengertian App Permission di Android

App Permission merupakan otorisasi yang mengharuskan pengguna untuk melakukan beberapa aksi tertentu. 

Aksi tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak langkah yang harus dilakukan pengguna agar sebuah aplikasi bisa berjalan. Adanya otorisasi ini membuat pengguna akan mendapatkan pemberitahuan terkait tindakan apa saja yang akan dilakukan oleh aplikasi. Daftar tindakan apa saja yang nantinya akan dilakukan aplikasi merupakan bentuk dari aktivitas yang harus disetujui. Setelah pemberitahuan tersebut maka pengguna baru bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Fungsi App Permission

Pengenalan aktivitas yang ditunjukkan oleh sebuah aplikasi memiliki fungsi tertentu. Selain untuk memberitahukan kepada pengguna sebelum digunakan juga untuk hal lainnya. 

Keseluruhan aktivitas yang diberitahukan kepada pengguna juga sebagai salah satu bentuk pertimbangan. 

Pertimbangan tersebut digunakan untuk pengguna untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan perizinan untuk aplikasi tersebut. Apabila pengguna mengizinkan maka aplikasi bisa dilanjutkan penggunaannya. Namun apabila pengguna tidak mengizinkannya maka aplikasi tidak akan dilanjutkan instalasinya. Hal ini juga untuk menghindari aktivitas-aktivitas aplikasi yang bisa mengganggu kenyamanan konsumen.

Beberapa Bentuk App Permission

Terdapat banyak aktivitas yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi tertentu. Ada beberapa aktivitas aplikasi yang tidak mengganggu pengguna. Namun banyak juga aktivitas aplikasi yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan bisa menyebabkan kebocoran data. 

Agar pengguna bersifat waspada, ada beberapa aktivitas yang dirasa mengganggu pengguna. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:

1. Penggunaan internet secara penuh

Salah satu aktivitas yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna adalah penggunaan internet secara berlebihan. 

Pengguna tentu tidak akan nyaman dengan keadaan ini karena tentunya akan berpengaruh terhadap pulsa atau jumlah paket data. Penggunaan internet secara berlebihan akan menyedot kuota internet yang banyak milik pengguna. 

Jika pengguna menggunakan wifi tentunya tidak terlalu memusingkan hal ini, namun berbeda untuk yang menggunakan paket data. Paket data erat kaitannya dengan pengeluaran per bulan, karenanya apabila aplikasi menggunakan internet secara berlebih maka akan membahayakan pengeluaran bulanan.

2. Melakukan panggilan langsung

Seperti yang diketahui bahwa pulsa untuk melakukan panggilan untuk nomor-nomor tertentu bisa menyebabkan pulsa cepat habis. 

Tak hanya masalah pengeluaran, melakukan panggilan langsung juga mengganggu kenyamanan kamu dan teman kamu tentunya. Bayangkan saja jika tiba-tiba terjadi panggilan langsung dari aplikasi pada saat kamu tengah sibuk. Tentunya ini akan menyita waktu kamu dalam menjalani kesibukan. Kontak-kontak yang kamu miliki pun juga akan terganggu dan bisa saja mengajukan komplain padamu.

3. Mengirim SMS atau MMS

Selain panggilan telepon, yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna antara lain adalah pengiriman SMS atau MMS. 

Selain membutuhkan pulsa yang dapat menambah pengeluaran bulanan juga bisa mengganggu karena masalah iklan. Aplikasi sering mengirimkan iklan tertentu untuk menaikkan ratingnya. Hati-hati dengan pengiriman SMS atau MMS karena bisa saja menyebabkan kebocoran data yang kamu miliki.

4. Memodifikasi atau menghapus file USB

Handphone kita tentunya sering digunakan untuk mengakses data USB yang kita miliki. Terkadang kamu juga melakukan pemindahan data ke USB setelah handphone dirasa sudah kehabisan media penyimpanan. 

Namun kamu perlu hati-hati karena terdapat aplikasi yang bisa saja melakukan modifikasi atau melakukan penghapusan terhadap file tertentu. Apabila kamu tidak jeli memilih aplikasi yang bagus maka bisa saja kamu kehilangan file penting dalam USB yang kamu miliki.

5. Memodifikasi ataupun membaca kontak milikmu

Aktivitas membaca kontak yang sering dilakukan oleh aplikasi ada manfaat dan tidaknya. Bisa saja sebuah aplikasi melakukan pengambilan data secara berlebihan. Karenanya bisa saja data milik kamu ataupun kontak yang kamu miliki mengalami kebocoran. Alhasil kamu bisa saja mendapatkan teror dari pinjaman online ataupun broadcast sms dari nomor yang tidak dikenal. Inilah yang sering mengganggu pengguna dan berusaha untuk tidak menginstal aplikasi tertentu.

6. Akses terhadap lokasi

Pengaksesan lokasi terakurat kamu merupakan hal yang harus diwaspadai juga sebenarnya. Kalau memang aplikasinya aman maka tidak akan terjadi masalah tertentu. Namun apabila aplikasi tersebut mengalami kebocoran data maka akan menjadi hal yang sangat berbahaya. Karenanya keakuratan lokasi kamu bisa saja menjadi bumerang untuk kamu sendiri.

Namanya teknologi pasti selalu menjadi dua mata pisau. Di mana yang satu bisa saja bersifat menguntungkan namun bisa saja merugikan. Karenanya kamu harus bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi yang ada. 

Pelajari segala perkembangan teknologi dalam berbagai segi agar dapat memahaminya secara utuh, salah satunya adalah dengan memahami konsep app permission pada Android di atas.

Baca juga: #CeritaAlumni Uray Febri: Belajar Coding Ternyata Nggak Pusing!

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.