Apa Itu White Label Training dan Mengapa Hal Ini Penting

Digital Talent Accelerator

Binar Academy — Apa itu White Label Training? White Label Training merupakan sebuah produk atau service yang disediakan oleh sebuah perusahaan yang kemudian digunakan oleh perusahaan lain di bawah logo, brand, dan identitas perusahaan lain tersebut.

Hal ini dilakukan karena perusahaan tidak memiliki sumber daya internal dan keahlian yang cukup untuk menyediakan produk dan service mereka sendiri contohnya seperti training atau bootcamp yang berhubungan dengan teknologi. Oleh karena itu, perusahaan menyerahkan tugas ini ke penyedia jasa yang unggul dan kompeten di bidangnya.

Mengapa harus menggunakan white label training?

Jika perusahaan ingin menyediakan training ataupun bootcamp untuk meningkatkan skill karyawan baik hard-skill maupun soft-skill, tapi tetap ingin voice, brand dan identitas perusahaan tercermin dalam pelatihan tersebut, maka while label training/bootcamp adalah solusinya.

Dengan begitu, peserta pelatihan tahu bahwa yang menyediakan pelatihan bukanlah vendor. White label training ini juga dapat meningkatkan afinitas atau ketertarikan karyawan.

Hal apa yang harus dicari ketika memilih institusi yang menyediakan white label training/bootcamp?

Selain institusi yang terpercaya, penyedia jasa white label training setidaknya juga harus menyediakan hal-hal berikut ini:

  • Domain atau URL: Program pelatihan white label akan menawarkan URL merk bersama, misalnya, http://”namaperusahaan” sehingga situs web perusahaan menggunakan nama perusahaan.
  • Program: Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan objektif perusahaan. Contoh beberapa program yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yaitu: employee hiring yang dapat merekrut dan mapping talent, internal upskilling yang bertujuan untuk meningkatkan skill karyawan, dan CSR program.
  • Course: materi pelatihan dan bootcamp beragam menyangkut soft skill dan hard skill yang dibutuhkan di dunia industri.

Jika perusahaan ingin mengadakan pelatihan terkait teknologi, berikut adalah beberapa materi bootcamp yang memungkinkan peserta pelatihan langsung mengisi peran dalam tech tim di antaranya: UI/UX Design, React Native, Fullstack Web, Product Management, Android, Back end Engineering, Front end Engineering, Quality Assurance, dan Business Intelligence.

Sedangkan untuk materi workshop yang dapat melatih soft skills dan melengkapi hard skills meliputi: Digital Mindset & Culture, Data Analytics, Product Discovery & Design, Operation, Commercial & Marketing.

  • Fleksibilitas: Fleksibilitas sangat dibutuhkan untuk menyusun white label training maupun bootcamp sebab perusahaan tentu juga ingin menyesuaikan objektif, materi, serta durasi pelatihan
  • Certificate. Institusi penyedia jasa white label bootcamp juga menyediakan sertifikat untuk peserta yang sudah menyelesaikan materi pelatihan, workshop, maupun pelatihan yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Itulah pengertian mengenai while label training yang saat ini sudah banyak diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti BCA lewat program digital talent scholarship SYNRGY Academy, Mandiri, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

Binar menawarkan program white label training dengan kualifikasi di atas untuk perusahaan-perusahaan yang ingin menciptakan perubahan dan memberikan dampak untuk Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan bagi orang banyak untuk terjun ke industri digital yang sedang dibutuhkan. Untuk mendapatkan kesempatan ini, hubungi team Digital Talent Accelerator by Binar Academy dengan mengisi form berikut.

Baca juga: Apa Itu Transformasi Digital dan Peranannya Bagi Bisnis

Artikel Rekomendasi