General

Keunggulan Metode Belajar di BINAR Bootcamp: Flipped Learning

Binar Academy
Keunggulan Metode Belajar di BINAR Bootcamp: Flipped Learning
Isi Halaman :

Salah satu keunggulan BINAR Bootcamp yang paling menonjol dan menjadi pelopor di antara bootcamp lainnya di Indonesia adalah metode belajar yang unik. Metode belajar yang digunakan BINAR Bootcamp adalah Flipped Learning. Metode Flipped Learning berarti memberikan konten pembelajaran sebelum pertemuan di kelas sehingga waktu tatap muka dapat digunakan untuk pembelajaran interaktif.

Konten artikel ini akan mengupas lebih dalam mengenai apa itu metode Flipped Learning yang digunakan oleh BINAR Bootcamp. Simak hingga akhir untuk mengakses materi BINAR Bootcamp secara gratis!

Apa Itu Metode Flipped Learning

Seperti yang disampaikan di atas, metode flipped learning adalah model pedagogis di mana konten pembelajaran diberikan pada murid sebelum pertemuan tatap muka di kelas. Tujuannya agar ketika pertemuan tatap muka, murid dapat lebih aktif dan interaktif mendiskusikan bahan pembelajaran yang sudah mereka dapatkan.

Metode ini sebenarnya adalah campuran antara kuliah online dan kelas tradisional di dalam kelas. Bedanya adalah peran murid yang didorong untuk lebih aktif berdiskusi dan guru bertindak sebagai fasilitator. Metode flipped learning tidak hanya efektif bagi para fasilitator, tetapi penelitian menyebutkan bahwa metode ini meningkatkan kerjasama dan proses berpikir antar siswa. Hal ini terjadi karena metode ini mengubah cara pandang dan sikap students terhadap proses belajar dan interaksinya dengan fasilitator.

BINAR Bootcamp menggunakan metode belajar ini karena dapat mendorong students untuk aktif belajar. Artinya students diharapkan dapat belajar mandiri didorong oleh rasa ingin tahunya setelah diberikan seluruh materi beserta tugas-tugas dan ujiannya.

Secara lebih luas, metode flipped learning juga dapat membantu students untuk mengembangkan keterampilan dalam problem solving, berpikir kreatif dan kritis, serta meningkatkan kerjasama tim. Hal-hal yang dipelajari secara mandiri dari masing-masing individu, tentu akan membawa pada pemahaman yang berbeda. Di sinilah students diajak untuk aktif berdiskusi dan menemukan jawaban terbaik dari berbagai perspektif.

Perbedaan Flipped Learning dengan Metode Belajar Lainnya

Ketika masih banyak metode belajar atau cara mengajar dengan satu arah, metode flipped learning yang digunakan oleh BINAR Bootcamp justru memberikan kebebasan bagi para students untuk mengeksplor materi sebelum masuk kelas.

Bahkan students BINAR Bootcamp diperbolehkan mengerjakan tugas atau mencoba ujian sebelum tugas dan ujian itu diberikan. Tujuannya agar students bisa menguji kemampuan dia saat itu dan jika mengalami kendala dan kebingungan bisa langsung berdiskusi dengan fasilitator.

Berikut adalah beberapa perbedaan flipped learning dengan metode belajar lainnya:

  1. Metode flipped learning menonjolkan sisi keaktifan student untuk belajar mandiri dan berdiskusi ketika pembelajaran tatap muka
  2. Semua materi, tugas, dan ujian akan didapatkan di hari pertama. Student sudah tau sejak awal apa saja yang akan dibahas selama masa pembelajaran (bootcamp)
  3. Sesi bersama fasil menjadi sesi forum diskusi dan mencari solusi, bukan sesi mengajar
  4. Flipped learning membuat students harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum masuk kelas tatap muka
  5. Sumber belajar tidak hanya satu arah dari facil, tetapi dari berbagai sumber di internet, berbagai bacaan, dan informasi lainnya
  6. Fasil dapat mencatat perkembangan yang jelas dari progres pembelajaran student
  7. Students ikut memegang kendali terhadap materi yang dipelajari karena mereka telah mempelajarinya sebelum sesi diskusi, sehingga proses belajar jadi lebih insightful

Dampak Positif yang Dirasakan Students BINAR Bootcamp dengan Metode Flipped Learning

Ada banyak dampak positif yang dirasakan students BINAR Bootcamp dengan adanya metode flipped learning ini. Dampak yang paling dirasakan adalah, student jadi punya kontrol penuh untuk mengatur kapan waktu dan dimana tempat yang paling nyaman untuk belajar. Students jadi lebih bebas mengatur pembelajaran mereka, sehingga students juga semakin bertanggung jawab untuk belajar mandiri.

Tanpa disadari oleh students, metode flipped learning juga meningkatkan motivasi intrinsik, yakni motivasi yang datang dari diri sendiri khususnya untuk aktif belajar dan mencari tahu. Ketika seluruh materi, tugas, dan ujian telah diberikan student akan terstimulasi untuk mencari tahu apa yang akan diujikan dan apa yang akan menjadi tugas-tugas di pembelajaran nanti. Sehingga mereka setidaknya akan melihat dan membaca beberapa materi yang menarik bagi students.

Selain itu, students juga menjadi lebih mandiri dalam penggunaan tools atau teknologi yang dipakai di kelas karena sudah mempelajari caranya terlebih dulu. Students juga dapat meningkatkan skill critical thinking mereka karena melalui proses belajar mandiri akan timbul pertanyaan-pertanyaan baru yang akan terjawab pada sesi forum diskusi.

Tidak hanya bagi students, flipped learning juga menyediakan metodologi baru untuk pengajaran dan pembelajaran yang mengubah peran facil dari front-of-the-class ke kontribusi yang lebih kooperatif dan kolaboratif untuk proses pengajaran

Flipped learning memungkinkan facil untuk mendedikasikan lebih banyak waktu di kelas untuk kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif atau proyek yang sifatnya lebih menekankan pada praktik. 

Contoh Pengalaman Belajar dengan Metode Flipped Learning

Metode belajar flipped learning diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang aktif dan berkesan untuk student, seperti adanya: 

  • Games interaktif
  • Live coding
  • Diskusi real case study dengan fasilitator
  • Aktivitas-aktivitas lain yang dapat meningkatkan pemahaman student terkait materi (Know-What, Know-Why, Know-How)

Selain itu, student juga diharapkan lebih mengetahui sisi kekurangannya dalam memahami materi ketika belajar mandiri, sehingga saat sesi forum discussion student memiliki keleluasaan untuk berdiskusi dengan fasilitator maupun peers (teman sekelas) mereka.

Tertarik Mencoba Pengalaman Belajar Flipped Learning di BINAR Bootcamp?

Pilih course bootcamp sesuai minatmu di BINAR Bootcamp dan dapatkan pengalaman belajar yang seru dan unik yang cuma ada di BINAR!

Download aplikasi BINAR untuk akses semua materi BINAR Bootcamp secara GRATIS di Silver Course material.

Masih bingung mau pilih bootcamp apa? Gunakan Potensi Quiz untuk temukan potensi terpendam yang diambil dari minat dan kepribadianmu, di button paling akhir di bawah artikel ini!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya